Sabtu 13 May 2023 01:02 WIB

Korea Dream Concert 2023 Bakal Ada Konser di Dunia Metaverse

Saat ini, konsep Metaverse telah menginspirasi industri hiburan

Korea Dream Concert
Foto: istimewa
Korea Dream Concert

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertama diadakan pada tahun 1995, Dream Concert merupakan festival K-Pop terbesar yang diadakan oleh Korea Selatan tiap tahunnya. Sejauh ini, sekitar 1,55 juta penonton dari dalam dan luar negeri sudah berkunjung untuk ikut serta menonton konser ini. Selain itu, sejauh ini ada sekitar 604 penyanyi telah ikut tampil dalam acara tahunan ini.

Setelah tiga tahun vakum akibat pandemi, Dream Concert mulai diadakan kembali secara luring di tahun 2022 dan berhasil menarik 45 ribu penonton.Dipandu oleh Doyoung NCT dan An Yu-jin dari IVE, konser tahun 2022 ini dihadiri oleh para bintang seperti NCT Dream, Dream Catcher, Oh My Girl, dan lainnya.

Baca Juga

Tahun ini, Dream Concert ke-29 akan diadakan di Busan Asiad Main Stadium, hari Sabtu tanggal 27 Mei. Konser ini akan dihadiri para artis populer seperti ITZY, NMIXX, BTOB, dan lain-lain. Pada tahun ini pula, bakal diperkenalkan streaming online K-Pop pertama dari dunia metaverse. 

Dunia metaverse adalah dunia yang dibangun terhubung satu sama lain, dimana orang dapat bertemu, bekerja, bermain, dan bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi dan program.

 

Terdiri atas dunia-dunia virtual dengan keunikan mereka masing-masing, mulai dari ekosistemnya, properti, hingga lingkungan sosial.

Dalam keterangan pers yang diterima, dengan platform metaverse ini, seluruh fanbase K-Pop dari negara manapun bisa menghadiri Dream Concert secara real time. Pengalaman ini akan menjadi jauh lebih menarik dikarenakan orang bisa merasa seolah-olah sedang berada di lokasi konser tanpa menginjakkan kaki keluar dari rumah masing-masing.

Saat ini, konsep Metaverse telah menginspirasi industri hiburan untuk mengeksplorasi pengalaman konser virtual yang memungkinkan penonton untuk merasakan pengalaman yang mirip dengan konser langsung, di mana penonton dapat berinteraksi dengan artis dan satu sama lain di dalam lingkungan virtual yang imersif. 

BSI bersama dengan VIAJE KOREA bekerjasama dalam acara Kpop Dream Concert 29th Busan untuk para penggemar global yang tidak bisa hadir mampu merasakan pengalaman melalui metaverse ini, ujar CEO - BSI Indonesia Juleo Fernando.

Dream Concert tahun ini  akan sekaligus menjadi upacara penutupan Pameran Industri Iklim Dunia 2023. Sementara, pembelian tiket Metaverse sudah bisa dilakukan di tiket.com.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement