Jumat 12 May 2023 10:04 WIB

Kerap Dituduh HTI, Ustadz Hanan Attaki Gabung NU

Ustadz Hanan Attaki yang kerap dituduh HTI kini dibaiat masuk Nahdlatul Ulama.

Rep: Erik PP/Muhyidin Yamin/Zahrotul Oktaviani / Red: Erik Purnama Putra
Ustaz Hanan Attaaki memberikan tausiyah saat acara edukasi kesehatan lambung di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (21/4/2022). PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) melalui brand Promag bekerja sama denga Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar edukasi dan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan lambung menggunakan Maag Meter, Yaitu alat ukur kesehatan berbasis dihital untuk mengecek kondisi lambung. Selain edukasi Kalbe juga melakukan disinfeksi dan bersih-bersih 750 masjid. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

Seusai menyelesaikan pendidikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Ruhul Islam Banda Aceh, ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Al Azhar, Mesir. Pendidikannya di Kairo ini dibiayai oleh beasiswa karena prestasinya dalam hal tilawatil Alquran. Karena dakwahnya dapat dengan mudah diterima kalangan muda, banyak fitnah yang menghampirinya.

Padahal, jika melihat isi dakwah ataupun video Youtube, jelas sekali pendiri gerakan Pemuda Hijrah bukan pengikut HTI. Bahkan, Ustadz Hanan pernah diberi kesempatan oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dan Atalia Praratya untuk mendoakan almarhum Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Dia pun sempat membuat klarifikasi untuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik. Ustadz Hanan mengaku mendapat kiriman berita dari panitia yang mengundangnya.

"Saya ingin menyampaikan penjelasan terkait berita penolakan Konser Langit. Alasan saya kajian saya ditolak, Konser Langit itu ditolak, karena mubaligh yang akan mengisi itu disinyalir adalah tokoh eks HTI, organisasi terlarang Pemerintah Indonesia," kata Hanan dikutip dari Instagram pribadinya di Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Kala itu, setelah mendapat penjelasan, PCNU Gresik pun membuat surat klarifikasi yang isinya berterima kasih kepada Ustadz Hanan. "Kami mengapresiasi pernyataan beliau dalam video itu untuk mewujudkan dakwah Islam rahmatan lil 'alamin untuk kebaikan bangsa kita karena Allah SWT," demikian surat klarifikasi PCNU Gresik yang diunggah di akun Instagram-nya.

Baca juga : Resmi Bergabung NU, Ini Profil Ustadz Hanan Attaki

Akhirnya, kini Ustadz Hanan Attaki dibaiat oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, di acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah Keluarga Besar Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilurrosyad Gasek sekaligus Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin di Malang, Jatim, pada Kamis (11/5/2023) malam WIB.

Ustadz Hanan Attaki menyampaikan, baiat NU di bawah bimbingan Pengasuh Ponpes Sabilurrosyad Gasek, KH Marzuki Mustamar. Pembaitan itu juga disaksikan oleh santri dan jamaah yang hadir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement