Rabu 10 May 2023 11:28 WIB

Luhut Versus Anies, Adu Pola Pikir Mobil Listrik, Siapa yang Benar?

Anies mengkritik bantuan mobil listrik, Luhut membela subsidi.

Rep: Iit Septyaningsih/Firkah/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
 Anies Baswedan (kiri) berbincang dan Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan (kanan).
Foto:

Agus menyampaikan tujuan percepatan pemanfaatan kendaraan listrik dari pemerintah perlu diapresiasi karena dapat mengurangi polusi udara atau emisi karbon di sektor transportasi.

 Namun demikian, pengamat transportasi itu menilai perlu kebijakan yang bersifat menyeluruh dari hulu ke hilir agar regulasi-regulasi yang terkait dengan implementasi kendaraan listrik di Indonesia dapat tepat sasaran.

Alih-alih memberikan subsidi bagi pembelian kendaraan listrik pribadi, ia setuju jiak pemerintah memberikan insentif bagi perusahaan atau operator yang mengelola transportasi massal berbasis kendaraan listrik

Anies unjuk kekuatan  

Sementara itu Pengamat politik dari BRIN, Siti Zuhro, menilai, kritik Anies Baswedan terhadap subsidi mobil listrik, harus dimaknai sebagai suatu hal yang positif. Karena hal itu bagian dari konmpetisi dan kontestasi calon dalam pilpres. 

 Kedua, kata ia, kritik itu juga sebagai koreaksi atas pemerintahan yang ada. "Jadi wajar untuk mencalonkan diri masing-masing calon itu menujukkan kehebatan dan kekritisannya, karena sedang menawarkan kepada publik untuk dipilih. Apalagi koalisi yang dibawa Anies ini menawarkan itu keadilan," ujarnya. 

 Siti pun memandang agar pihak yang dikritik untuk meresponnya dalam koridor demokrasi. Kritik itu adalah masukan bagi pemerintah untuk memperbaiki ini. "Luhut itu yang punya otoritas, jadi bahan evaluasi." 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement