Rabu 10 May 2023 06:33 WIB

Aneh, Hasil Investigasi KNKT Sebut Sistem Pengereman Bus PO Duta Wisata Normal

Hasil investigasi KNKT sebut sistem kerja pengereman bus PO Duta Wisata berjalan baik

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Bilal Ramadhan
Satu unit bus dalam posisi terbalik usai jatuh ke dalam jurang di kawasan objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Hasil investigasi KNKT sebut sistem kerja pengereman bus PO Duta Wisata berjalan baik.
Foto: ANTARA FOTO/Tois
Satu unit bus dalam posisi terbalik usai jatuh ke dalam jurang di kawasan objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Hasil investigasi KNKT sebut sistem kerja pengereman bus PO Duta Wisata berjalan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Polisi belum dapat memastikan penyebab terjadinya kecelakaan bus PO Duta Wisata, yang terjadi di area parkir obyek wisata Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Ahad (7/5) kemarin.

Pasalnya penyelidikan terhadap penyebab kecelakaan --yang mengakibatkan seorang penumpang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka- luka-- ini masih dilakukan oleh jajaran Satlantas Polres Tegal.

Baca Juga

Informasi terbaru yang diperoleh Republika, hari ini tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) telah menyelesaikan pengecekan kelayakan kendaraan (bus) Hino bernomor polisi B 2760 CGA tersebut.

Dalam pengecekan kelayakan kendaraan yang dilaksanakan di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal ini dihadiri antara lain oleh investigator KNKT, penguji Dirjen Perhubungan Darat dan  Sub kordinator keselamatan LLAJ Dishub Provinsi Jawa Tengah.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengungkapkan, pengujian ini dilakukan untuk mendukung proses penyelidikan penyebab kecelakaan bus pariwisata PO Duta Wisata.

“Kegiatan ini juga untuk memudahkan proses pemeriksaan terhadap barang bukti kecelakaan yang dibutuhkan untuk proses penyidikan lebih lanjut,” kata Iqbal dalam keterangan di Semarang, Selasa (9/5).

Hasil dari investigasi yang dilakukan oleh KNKT dan diterima oleh Polres Tegal terungkap, terkait dengan ketebalan ban pada bus PO Duta Wisata tersebut dalam kondisi yang masih layak pakai.

Sedangkan ketebalan kampas rem diketahui dalam kondisi yang masih baik, demikian halnya dengan sistem mekanis pengereman pada bus tersebut juga ditemukan masih dapat bekerja dengan normal.

“Termasuk tromol masih dalam kondisi normal dan standar serta sistem Full Peneumatic (atau system rem udara) pada kendaraan tersebut juga masih bagus,” jelas Kabidhumas Polda Jawa Tengah.

Sebelumnya bus pariwisata PO Duta Wisata yang mengangkut rombongan warga Tangerang Selatan ini mengalami kecelakaan tunggal, pada saat berhenti dan pengemudinya meninggalkan kendaraan tersebut dalam kondisi mesin hidup.

Namun bus tersebut tiba- tiba bergerak maju dan berjalan tak terkendali hingga akhirnya masuk ke dalam sungai dan sempat terguling beberapa kali dengan puluhan penumpang yang ada di dalamnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement