Jumat 05 May 2023 17:32 WIB

Lewat Pelatihan Membuat Dimsum, Ratusan Warga Tasik Didorong Raih Peluang Usaha

UMKM akan bermunculan jika masyarakat memiliki skill.

Kelompok relawan yang terdiri dari sejumlah ibu-ibu di Jawa Barat mengajak ratusan warga Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berlatih membuat dimsum.
Foto: Dok. Web
Kelompok relawan yang terdiri dari sejumlah ibu-ibu di Jawa Barat mengajak ratusan warga Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berlatih membuat dimsum.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Kelompok relawan yang terdiri dari sejumlah ibu-ibu di Jawa Barat mengajak ratusan warga Desa Mekarsari, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berlatih membuat dimsum. 

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Jabar Nurapsi mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan yaitu untuk mendorong terciptanya peluang usaha bagi kaum ibu di desa tersebut. 

Baca Juga

"Mak-mak di sini kami targetkan jadi mak-mak enterpreneur, bisa membuka peluang usaha juga, lumayan buat pemasukan sehari-hari dan kebutuhan keluarga mereka," ujar Nurapsi, seperti dilansir pada Jumat (5/5/2023). 

Menurut dia, dimsum merupakan salah satu kreasi masakan yang gampang untuk dibuat. Selain itu, bahan-bahan dasar pembuatannya pun mudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. 

Salah seorang peserta bernama Dedeh mengaku sangat bersyukur diadakannya pelatihan tersebut. Dedeh menilai, acara itu sangat membantu menumbuhkan kreativitas mak-mak Desa Mekarsari. 

"Saya sangat bersyukur sekali diadakannya acara ini. Karena acara ini sangat bagus sekali, sangat membantu sekali untuk ibu-ibu biar kreatif biar bisa berkreasi," kata Dedeh. 

Dia berharap, dengan bekal keterampilan membuat dimsum nantinya mak-mak Desa Mekarsari bisa menciptakan peluang usahanya sendiri. 

Dengan demikian, mak-mak tersebut dapat membantu perekonomian keluarganya menjadi lebih baik lagi.

Kelompok relawan serupa juga sebelumny memberikan pelatihan pembuatan ikan asin bagi masyarakat di Desa Sinanggul, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah belum lama ini. Dilansir dari Antara, koordinator Mak Ganjar wilayah Jawa Tengah Pancawati mengatakan, pelatihan ini bertujuan agar masyarakat bisa membuat ikan kering untuk dijual dan dikonsumsi.

Mereka juga mendorong para pelaku UMKM di bidang ikan asin mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

“Di sini mayoritas masyarakatnya mengolah hasil laut karena merupakan masyarakat pesisir, untuk itu kami dorong dengan peningkatan pengetahuan, dan keterampilan dalam mengolah hasil laut tersebut,” ungkap Pancawati. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement