Jumat 05 May 2023 10:18 WIB

Sebagai Mitra PLTI, Universitas BSI Sukses Adakan TOEP dan TKDA

Semoga Universitas BSI dengan PLT95 dapat terus berkontribusi.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai mitra Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), melalui Lembaga Bahasa BSI kembali menyelenggarakan Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) bagi dosen untuk periode April 2023.
Foto: Universitas BSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai mitra Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), melalui Lembaga Bahasa BSI kembali menyelenggarakan Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) bagi dosen untuk periode April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sebagai mitra Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), melalui Lembaga Bahasa BSI kembali menyelenggarakan Test of English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) bagi dosen untuk periode April 2023.

Peserta TOEP dan TPDA periode April yang terdiri dari 70 dosen berbagai perguruan tinggi yang berbeda Kegiatan yang dimulai dari tanggal 13–15 April 2023 lalu ini berlangsung di Lab A dan Lab B Gedung Rektorat Universitas BSI, Jalan Kramat Raya nomor 98, Senen, Jakarta Pusat.

Kepala Lembaga Bahasa Universitas BSI Yanti Rosalinah menyampaikan sebelum melakukan tes, peserta diwajibkan untuk menaati tata tertib yaitu memastikan tempat lokasi tes sebelum tes dilaksanakan.

“Peserta juga diminta harus membawa KTPT (Kartu Tanda Peserta Tes) dan kartu identitas (KTP/SIM) untuk diverifikasi oleh pengawas, hadir 30 (tiga puluh) menit sebelum tes dimulai untuk mengikuti verifikasi, menandatangani daftar hadir, mengumpulkan semua barang termasuk alat tulis, HP atau alat elektronik lainnya yang dibawa, kecuali KTPT dan kartu identitas di tempat penitipan yang telah disediakan panitia,” papar Yanti.

Lanjutnya, nama, foto dan tanda tangan harus sesuai dengan yang ada di daftar hadir dan kartu peserta serta apabila dicurigai adanya ketidaksamaan maka skor hasil tesnya dibatalkan. “TOEP berlangsung selama 105-110 menit, yakni terdiri dari listening 45-50 menit dan reading 60 menit dan untuk jumlah soal sebanyak 100 soal. Sementara TPDA berlangsung selama 120 menit dengan jumlah soal 160 soal,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes PLTI yaitu TOEP dan TPDA periode April 2023 telah berjalan dengan lancar. Tes ini tidak hanya diperuntukkan bagi kepentingan sertifikasi dosen saja, namun juga dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang S2 maupun S3. “Semoga Universitas BSI dengan PLT95 dapat terus berkontribusi dan bermanfaat bagi dosen, mahasisiswa maupun masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Ia mengatakan, bahwa seluruh tes dilakukan secara luring. Peserta yang mengikuti tes ini dapat langsung mengetahui jumlah skor yang diperoleh setelah menjawab soal secara keseluruhan serta peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat dilihat pada akun masing-masing yakni pada laman https://member.plti.co.id

“Untuk sertifikat TOEP yakni dari The Association for the Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia sementara untuk TPDA dari Himpunan Psikologi Indonesia (Indonesian Psychological Association), di mana keduanya berkolaborasi dengan PLTI. Sertifikat tersebut sudah dilengkapi dengan QR Code,” tandasnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement