Rabu 03 May 2023 12:05 WIB

Jokowi Mau Datang, Jalan Rusak di Lampung Diperbaiki Bak Kisah Bandung Bondowoso

Bupati sebut rencana kunjungan Presiden Jokowi ke wilayah Lampung Tengah sudah siap.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Gubenur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak poros Rumbia di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Senin (1/5/2023).
Foto: Dok Adpim Pemprov Lampung
Gubenur Lampung Arinal Djunaidi tinjau jalan rusak poros Rumbia di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Senin (1/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meninjau jalan rusak di Lampung yang sedianya pada Rabu (3/5/2023), tertunda sehari rencananya, Kamis (4/5/2023). Jalan rusak poros Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, yang akan ditinjau langsung diperbaiki bak kisah Bandung Bondowoso.

Presiden Jokowi akan meninjau langsung ruas Jalan Seputih Banyak–Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah. Ruas jalan di Kecamatan Rumbia ini rusak parah selama 10 tahun terakhir, dan menjadi viral di media sosial oleh akun Tiktoker @miradesianalampung12.

Baca Juga

Saking rusaknya, pemilik akun tersebut sempat menayangkan video berdurasi 31 detik sambil berenang di kubangan lumpur warna coklat tengah jalan. Terdapat juga, aksi mancing di kubangan lumpur, dan berswafoto layaknya tempat destinasi wisata.

Rencana kedatangan orang nomor satu di Indonesia ke Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, menurut Towo, warga Kotagajah, jalan poros Rumbia yang rusak sedang diperbaiki. “Sudah banyak alat berat berada di jalan Rumbia,” kata Towo, Rabu (3/5/2023).

Dia mengatakan, belasan truk mengangkut batu sabes (batu belah/pecahan) didatangkan kontraktor untuk menimbun lubang-lubang jalan yang rusak. Tumpukan batu sabes ini sebagian masih ada di Kampung Setia Bhakti, Kecamatan Rumbia. “(Perbaikan) Ini baru dilakukan setelah kunjungan gubernur (Lampung) dan bupati (Lampung Tengah) hari Senin (1/5/2023),” katanya.

Setelah lubang-lubang jalan ditimbun batu sabes, kendaraan berat lainnya meratakan jalan agar tidak terlihat lagi lubang dan gelombang jalan yang rusak sebelumnya. Kegiatan penimbunan dan perataan jalan tersebut dilakukan tiga hari terakhir, sebelum kedatangan Presiden Jokowi.

Untuk menuju ruas jalan poros Rumbia di Kecamatan Rumbia ini, dari Kota Bandar Lampung setidaknya menggunakan kendaraan dalam waktu tiga jam lebih. Kondisi jalan yang rusak menyebabkan lambatnya laju kendaraan ke arah Rumbia.

Keterangan yang diperoleh di Pemprov Lampung, Rabu (3/5/2023), kedatangan Presiden Jokowi di Lampung, pada Kamis (4/5/2023), berdasarkan agenda Pemprov Lampung setelah tiba di Bandara Radin Inten II Branti Lampung, presiden menuju Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan untuk pembagian sembako.

Kemudian meninjau Jalan Ryacudu menuju Gerbang Tol Jalan Trans Sumatra. Selanjutnya, meninjau jalan poros Jalan Seputih Banyak–Rumbia.

Untuk meninjau jalan poros Rumbia, berdasarkan keterangan yang diperoleh Republika.co.id, Presiden Jokowi menggunakan helikopter menuju Kabupaten Lampung Tengah. Helikopter yang membawa presiden akan mendarat di Lapangan Sido Binangun, Kecamatan Way Seputih, Lampung Tengah.

Menurut Widodo (40 tahun), warga Desa Rukti Basuki, kondisi jalan rusak di poros Rumbia sudah lebih dari 10 tahun. Jalan berlubang dan bergelombang seakan dibiarkan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi. “Tidak ada perbaikan, ditimbun warga saja,” kata Widodo.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement