Selasa 02 May 2023 22:14 WIB

Pemindahan Pasar Hewan Ambarawa Dinilai Jadi Solusi Kemacetan di Bawen

Pemindahan Pasar Hewan Ambarawa dinilai bisa menjadi solusi kemacetan Simpang Bawen.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Bilal Ramadhan
 Petugas mengatur arus lalu lintas di simpang keluar Tol Bawen. Pemindahan Pasar Hewan Ambarawa dinilai bisa menjadi solusi kemacetan Simpang Bawen.
Foto: Bowo Pribadi
Petugas mengatur arus lalu lintas di simpang keluar Tol Bawen. Pemindahan Pasar Hewan Ambarawa dinilai bisa menjadi solusi kemacetan Simpang Bawen.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN — Pelaksanaan Operasi Ketupat Candi (OKC) 2023 di tingkat wilayah Polres Semarang telah resmi usai. Namun jajaran kepolisian tetap melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) guna memantapkan situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Semarang.

Berdasarkan anlisis dan evalusi (anev) yang dilakukan oleh jajaran Polres Semarang, pelaksanaan OKC 2023 dalam rangka pengamanan arus mudik/balik Lebaran 1444 Hijriyah dapat berjalan tertib dan lancar.

Baca Juga

Hal ini ditandai dengan tidak adanya kejadian yang menonjol, baik yang berkaitan dengan kelancaran arus lalu lintas, situasi kamtibmas maupun hal- hal yang berkaitan dengan gangguan kondusifitas wilayah di Kabupaten Semarang dan situasi cukup aman dan nyaman.

“Alhamdulillah, selama masa Kegiatan OKC, di wilayah hukum  Polres Semarang berjalan tertib dan lancar,” ungkap Kapolres Semarang, AKBP Achmad Oka Mahendra, yang dikonfirmasi usai acara Silaturrahim bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Semarang, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (2/5/2023).

Untuk kejadian kriminal, jelas kapolres, tidak ada yang menonjol, artinya tetap ada namun bisa ditangani dengan dan relatif tidak banyak. Lalu lintas pun relatif terkendali.

“Melalui berbagai rekayasa dan manajemen pengaturan jalan juga cukup terkendali. Artinya kepadatan lalu lintas tetap terjadi, namun dalam waktu 15-20 menit sudah terurai (bisa mengalir) kembali,” jelas Oka.

Terkait dengan evaluasi khusus manajemen pengaturan lalu lintas, kapolres mengaku belum ada. Namun menurutnya ada beberapa catatan yang menjadi rekomendsi kepolisian agar problem kepadatan akibat lonjakan volume pengguna jalan dapat diantisipsi.

Antara lain wacana untuk merekomendasikan pembangunan fly over di simpang Bawen, kemudian pemberlakuan rekayasa satu arah di Ambarawa. Tetapi semuanya masih harus dikaji oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang untuk pelaksanaannya. “Tetapi kalau rekomendasi yang besar Sementara belum ada,” tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement