Ahad 30 Apr 2023 13:45 WIB

Perlancar Arus Balik, Polres Cilegon Berlakukan One Way Sabtu Sore di Kawasan Wisata Anyer

Polres Cilegon berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk para pemudik

Kapolres Cilegon  AKBP Eko Tjahyo Utomo, saat mengatur lalu lintas arus balik mudik lebaran.
Foto: Dok Istimewa
Kapolres Cilegon AKBP Eko Tjahyo Utomo, saat mengatur lalu lintas arus balik mudik lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON - Polres Cilegon memberlakukan sistem one way untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas dari Kawasan Anyer,  pukul 16.30-17.30 WIB, Sabtu (29/4/2023).

One way diberlakukan dari arah Kawasan Anyer ke Kota Cilegon dan Serang. "Sistem one way kita berlakukan karena debit kendaraan ke kota lebih besar dari sebaliknya," kata Kapolres Cilegon, AKBP Eko Tjahyo Utomo di Cikoneng Anyer.

Baca Juga

Dengan one way, sekitar 800-1100 kendaraan roda 4 dengan cepat meninggalkan Anyer. One way sendiri diberlakukan dari Teneng Anyer ke Simpang JLS Ciwandan Cilegon.

Kapolres Cilegon menyatakan keberhasilan penerapan one way berkat besarnya jumlah personel yang dilibatkan.

Personel Polres Cilegon dibantu segenap stakeholder berjaga di tiap Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan).

"Mereka mencegat kendaraan ke arah Anyer karena dengan sistem one way arus kendaraan mengalir sangat cepat," terang AKBP Eko Tjahyo.

Kapolres Cilegon menyebut rekayasa lalu lintas berlangsung lancar berkat berhasilnya sistem yang tersusun rapi.

"Terima kasih atas kekompakan dari seluruh anggota yang berjuang keras siang malam melayani pemudik," ucap Kapolres Cilegon.

Sementara itu, secara terpisah, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga melayani dan mengamankan arus balik Lebaran 2023 karena adanya potensi pergeseran puncak arus yang diperkirakan berlangsung hingga Ahad (30/4/2023).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu lalu, Listyo Sigit meminta seluruh jajarannya untuk bersiaga, baik di jalan tol maupun arteri, serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Saya perintahkan anggota terkait adanya pergeseran prediksi puncak arus balik ini, ada distribusi sampai hari Ahad nanti. Saya minta anggota siap siaga baik tol maupun arteri, sehingga distribusi dari puncak arus balik semua masyarakat terlayani," katanya.

Dia menyebutkan akan ada sekitar 203 ribu kendaraan per hari yang melintas saat puncak arus balik. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi, mulai dari pemberian diskon tol hingga rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement