Sabtu 22 Apr 2023 15:56 WIB

Aquarium Indonesia Pangandaran Siapkan Banyak Tempat Parkir Saat Libur Lebaran

Aquarium Pangandaran dapat tampung 400-500 orang dalam satu waktu kunjungan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Indira Rezkisari
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata itu akan tetap beroperasi pada hari pertama Lebaran.
Foto: Dok. Aquarium Indonesia Pangandaran
Suasana di Aquarium Indonesia Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Objek wisata itu akan tetap beroperasi pada hari pertama Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Aquarium Indonesia Pangandaran telah bersiap untuk menyambut momen libur Lebaran 1444 H. Pasalnya wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran pada momen libur panjang kali ini diperkirakan akan mengalami peningkatan signifikan.

Marketing Aquarium Indonesia Pangandaran, Ahmad Syafii Lubis, mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pangandaran pada momen libur Lebaran kali ini memang diperkirakan lebih ramai dibandingkan tahun baru. Pasalnya, saat ini liburnya lebih panjang. Selain itu, mayoritas masyarakat mendapatkan THR, sehingga akan banyak orang yang berwisata.

Baca Juga

"Saat ini juga isu yang beredar di media sosial cukup sehat. Tidak seperti saat momen tahun baru yang banyak hoaks mengenai bencana," kata dia kepada Republika, Jumat (21/4/2023).

Meski Kabupaten Pangandaran diprediksi akan ramai dikunjungi wisatawan, Lubis mengatakan, pihaknya hanya fokus mempersiapkan wahana yang ada di Aquarium Indonesia Pangandaran. Pasalnya, status Aquarium Indonesia Pangandaran belum diresmikan atau grand opening.

"Jadi kami optimalisasi wahana yang ada. Kami tentu tetap berharap akan banyak pengunjung, tapi kami tak memasang target tertentu," ujar dia.

Ia menjelaskan, Aquarium Indonesia Pangandaran sendiri saat ini dapat menampung sekitar 400-500 orang dalam satu waktu kunjungan. Dalam sehari, Aquarium Indonesia Pangandaran masih bisa menampung kunjungan hingga 1.500 orang.

Untuk mengantisipasi ramainya kunjungan, Lubis mengatakan, pihaknya juga telah memperbaiki tempat parkir yang ada. Bila sebelumnya tempat parkir di Aquarium Indonesia Pangandaran masih berupa jalan tanah, saat ini seluruhnya telah dipasang paving blok. Tempat parkir utama itu disebut bisa menampung kendaraan berupa 50 mobil dan 100 motor.

Sementara untuk tempat parkir kendaraan besar, pengelola Aquarium Indonesia Pangandaran telah berkolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk mengakomodasinya. "Jadi di luar parkiran utama, tapi jaraknya tidak jauh dari gedung. Kalau kendaraan besar juga padat, pihak pelabuhan juga sudah menyediakan tempat parkir. Jadi kami sudah persiapkan semuanya," kata Lubis.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa akses masuk kendaraan ke Aquarium Indonesia Pangandaran masih belum bagus. Pengelola masih menunggu pihak terkait yang memiliki kewenangan untuk melakukan perbaikan.

"Itu mungkin masih butuh waktu untuk diperbaiki. Namun kendaraan masih relatif aman untuk masuk," kata dia

Wahana Baru

Meski begitu, dalam momen libur Lebaran kali ini, terdapat sejumlah wahana baru di Aquarium Indonesia Pangandaran. Wahana baru itu adalah sketsa akuarium yang dikhususkan untuk anak-anak mewarnai dan virtual reality (VR) menyajikan pengalaman berada di dasar laut dan memberikan pakan kepada sejumlah biota.

Tak hanya itu, wahana baru lain yang disediakan adalah paludarium dan aquascape yang ditata sedemikian rupa agar terlihat estetik. Selain itu, ada juga wahana akuarium sampah untuk sarana edukasi terkait sebab akibat sampah dengan laut.

Bukan hanya penambahan wahana, sarana dan prasarana di Aquarium Indonesia Pangandaran juga ditingkatkan. Sarana infografis di sana juga telah diperbaiki, dari yang manual menjadi seluruhnya digital.

Di bagian dekorasi, pengelola juga menyediakan patung ikan paus baru dengan panjang sekitar 10 meter. Patung itu digantung di dekat pintu utama, sehingga bisa jadi spot foto baru.

Di area luar juga sudah tersedia beberapa jajanan minuman. Itu merupakan hal baru, karena sebelumnya belum ada jajanan di area luar Aquarium Indonesia Pangandaran.

Dengan berbagai hal baru yang ada, harga tiket masuk ke Aquarium Indonesia Pangandaran tak mengalami kenaikan. Namun, tiket yang berlaku selama momen libur Lebaran hingga 16 Mei 2024 adalah tiket dengan tarif akhir pekan, yaitu Rp 50 ribu per orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement