Kamis 20 Apr 2023 14:33 WIB

Penyeberangan Mudik Lancar, PAN DPR Apresiasi Erick Thohir dan ASDP

Tidak ada kepadatan dan keruwetan di penyeberangan Merak-Bakeuheni di Mudik 2023.

DPR memuji Erick Thohir dan ASDP atas kelancaran penyeberangan pelabuhan Merak-Bakeuheni. Foto kendaraan pemudik antre saat menaiki kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (19/4/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
DPR memuji Erick Thohir dan ASDP atas kelancaran penyeberangan pelabuhan Merak-Bakeuheni. Foto kendaraan pemudik antre saat menaiki kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (19/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Fraksi PAN DPR RI,Saleh Partaonan Daulay, mengapresiasi kinerja Menteri BUMN, Erick Thohir dan BUMN ASDP, atas kelancaran arus penyeberangan Merak-Bakeuheni selama arus mudik Lebaran 2023.

Saleh mengatakan, pemerintah dan masyarakat patut mensyukuri bahwa sejauh ini mudik lebaran berjalan lancar. Mobilitas masyarakat yang sangat tinggi tentu tidak bisa dihindari. Apalagi setelah 2 lebaran terakhir, pandemi Covid-19 sedikit menjadi penghalang untuk mudik. Tidak heran, tahun ini ada arus mudik yang cukup besar ke Jawa dan Sumatera.

"Salah satu yang perlu disoroti adalah lalu lintas penyeberangan antar pulau. Antara Merak dan Bakauheni, misalnya, tidak ada kemacetan,” kata anggota DPR dari Dapil Sumut II ini, dalam pesan tertulisnya, Kamis (20/4/2023).

Mantan Ketua Umum PP. Pemuda Muhammadiyah mengungkapkan, Tidak terjadi penumpukan kenderaan  seperti tahun-tahun sebelumnya.  Kalaupun ada antrean hanya untuk mengatur kenderaan yang masuk ke dalam ferry.

"Dulu, tiga tahun dan sebelum-sebelumnya, penyeberangan tersebut sangat padat. Bahkan, bisa jadi ada yang sampai bermalam menunggu antrean. Sekarang, fenomena itu sudah tidak ada. Padahal, hari raya tinggal 1 atau 2 hari lagi. Artinya, tingkat arus mudik paling tinggi sudah hampir selesai,” papar Saleh Daulay.

Kelancaran Ini, menurut Saleh, tentu tidak lepas dari kinerja berbagai pihak. Terutama dalam hal ini BUMN ASDP yang mengatur urusan Ferry secara langsung. Atas arahan menteri BUMN, ASDP membuat digitalisasi pelayanan. Khususnya ticketing penyeberangan. Masyarakat sekarang bisa membeli tiket penyeberangan secara online.

"Sebelum sampai di pelabuhan, mereka yang mau menyeberang sudah beli tiket. Katanya, 90 persen penyeberang beli tiket secara online. Karena itu, sesampai di pelabuhan, tidak perlu turun. Langsung masuk ke baris antrean. Petugas hanya mengecek tiket dan jumlah penumpang,” ungkap Saleh.

Meski kelihatan sederhana seperti itu, menurut Saleh, dampaknya luar biasa. Ini mengurangi penumpukan dan antrean, sehingga para pemudik merasa nyaman.

"Semua TA (tenaga ahli) saya mudik ke Sumut lewat jalur Bakauheni. Mereka menceritakan ke saya kalau perjalanan lancar. Dan mereka membenarkan bahwa kinerja BUMN dan ASDP perlu diapresiasi,” paparnya.

Selain itu, Saleh juga mendengar bahwa menteri BUMN, Erick Thohir, sangat sering melakukan pengecekan ke Bakauheni. Pasalnya, di tempat itu sedang dibangun Bakauheni Harbour City. Ada juga Krakatau Park yang pada tanggal (22/4) akan dilakukan soft opening-nya. Bahkan sebelumnya, tanggal (18/3) Erick Thohir telah meresmikan mesjid BSI (Bank Syariah Mandiri) di kawasan tersebut.

"Pelabuhan Bakauheni dan Merak nanti tidak lagi membosankan. Tetapi justru akan menyenangkan. Wajar kalau kita mengapresiasi pak Erick Thohir atas kesungguhannya mengawal kinerja BUMN dan memprioritaskan pembangunan di titik-titik sentral seperti Bakauheni,” kata Saleh Daulay.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement