Jumat 21 Apr 2023 03:35 WIB

Menjajal Mudahnya Mudik ke Sumatra Melalui Tol Trans-Sumatra yang Diresmikan Jokowi

Tol sepanjang 371,5 kilometer tersebut terbagi menjadi tiga ruas.

Sebanyak 61.841 unit kendaraan masuk Jalan Tol Trans Sumatra, pada H-5, Senin (17/4/2023).
Foto: Dok PTHK
Sebanyak 61.841 unit kendaraan masuk Jalan Tol Trans Sumatra, pada H-5, Senin (17/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Keberadaan Tol Trans Sumatra semakin memudahkan para pemudik dengan tujuan sejumlah wilayah Sumatra. Dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, para pemudik yang membawa kendaraan roda empat bisa langsung menuju Tol Bakauheni-Palembang.

Tol sepanjang 371,5 kilometer tersebut terbagi menjadi tiga ruas, yakni Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Pangang-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang. Keberadaan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2019 tersebut menghemat waktu tempuh.

Baca Juga

"Sebelum adanya tol, dari Pelabuhan Bakauheni menuju Palembang biasanya harus melalui Lintas Sumatra," kata seorang pemudik tujuan Jambi, Muhammad Rusdi.

Rute Jalan Raya Lintas Pantai Timur Sumatra tersebut diantaranya Way Jepara lalu Sukadana, dilanjutkan ke Menggala, kemudian Mesuji. Selanjutnya melewati Kayu Agung dan Indralaya, Sumatra Selatan.

Meskipun harus mengeluarkan uang hingga ratusan ribu rupiah untuk membayar tol, menurutnya, itu tak masalah mengingat waktu tempuh yang lebih singkat dan juga biaya BBM yang dikeluarkannya jauh lebih hemat dibandingkan lewat jalan Lintas Sumatra.

Lama perjalanan dari Lampung menuju Palembang melalui jalan tol Lintas Sumatra mencapai 12 jam. Namun dengan adanya tol Sumatra, lama perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni menuju Palembang ditempuh dalam waktu 5 jam saja.

Dari pantauan di lapangan, kondisi jalan tol Trans Sumatra Bakauheni menuju Palembang cukup baik, meskipun pada sejumlah ruas jalan masih ditemukan bergelombang. Pihak pengelola juga masih melakukan penambalan di sejumlah ruas jalan yang berlubang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement