Rabu 19 Apr 2023 13:46 WIB

Menko Muhadjir: Mudik Semakin Jauh, Potensi Kecelakaan Makin Tinggi

Muhadjir Effendy mengimbau para pemudik tidak perlu berlama-lama di rest area.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau kesiapan ruas jalan Tol Semarang-Batang menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.
Foto: Dok Republika
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau kesiapan ruas jalan Tol Semarang-Batang menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meninjau kesiapan ruas jalan Tol Semarang-Batang menjelang arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah. Dalam kunjungannya bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ia meminta ada pengemudi cadangan untuk meminimalisasi kecelakaan.

"Harap menyiapkan diri sebaik-baiknya, terutama yang akan berkendara dalam jarak jauh, karena fakta sudah menunjukkan bahwa semakim jauh mudiknya, potensi kecelakannya tinggi," kata Muhadjir saat meninjau Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Muhadjir mengatakan, meski ruas Tol Semarang-Batang sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya, para pemudik dengan pejalanan jauh diharapkan tetap berhati-hati. Dia menyampaikan imbauan itu, mengingat data kecelakaan pada 2022 di kepolisian, menyebutkan mayoritas korban ada di Jawa Timur, disusul Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Semakin jauh semakin tinggi potensi kecelakaannya. Sebaiknya yang berkendara jauh membawa driver reserve, cadangan, sehingga bisa bergantian di perjalanan. Jangan memaksakan diri dalam keadaan lelah," ujar Muhadjir.

Untuk menghindari penumpukan di rest area, Muhadjir mengingatkan para pemudik untuk tidak berlama-lama berada di tempat tersebut. Menurut dia, rest area hanya dapat digunakan bagi para pemudik untuk mengisi bahan bakar, membeli bekal makanan, atau pergi ke toilet.

"Pemudik agar keluar melalui exit tol terdekat untuk dapat beristirahat di tempat-tempat khusus yang telah disediakan oleh jajaran kepolisian," tutur Muhadjir.

Dia menyampaikan, seluruh jajaran kementerian bersama Polri, TNI, dan dinas terkait telah berupaya penuh meminimalisasi angka kecelakaan. Karena itu, Muhadjir mengajak partisipasi dan kesadaran dari para pemudik untuk ikut menjaga keselamatan masing-masing dan pengendara lain saat di jalan.

"Yang penting pesan saya selamat dulu, selamat itu nomor satu, karena kalau sudah aman, selamat, baru yang lain. Namanya gembira, suka cita, ketemu dengan keluarga itu setelah semuanya berjalan aman dan selamat," tutup Muhadjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement