Selasa 18 Apr 2023 14:12 WIB

Lepas Mudik Gratis, Mabes Polri Siapkan Program Balik Gratis

Polri memberangkatkan 23.439 ribu peserta dengan kekuatan 434 unit bus di Monas.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (18/4).
Foto: Republika/Ali Mansur
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau program Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Markas Besar Kepolian Republik Indonesia (Mabes Polri) telah menyelenggarakan program mudik gratis untuk masyarakat dengan 14 kota tujuan di Pulau Jawa. Tak hanya untuk mudik, Polri juga berencana menyediakan program balik ke kota perantauan secara cuma-cuma bagi masyarakat.

"Kalau memang masyarakat yang ingin kegiatan baliknya juga gratis nanti bisa melapor ke Polres setempat untuk kemudian didatakan dan disiapkan untuk program balik gratis," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

Pada program 'Mudik Gratis Polri Presisi 2023' Polri memberangkatkan 23.439 ribu peserta dengan kekuatan 434 unit bus. Sebanyak 130 bus diberangkatkan pada Selasa dan 304 bus pada Rabu (19/4/2023).

Adapun 14 kota tujuannya adalah Kuningan, Banjar, Semarang, Solo, Wonogori, Purwokerto, Purworejo, Yogyakarta, Kudus, Rembang, Surabaya, Probolinggo, Madiun, dan Kediri. "Kita sempat menanyakan bahwa memang mudik gratis menjadi salah satu pilihan dan favorit," kata Listyo.

"Karena di satu sisi bisa dinikmati masyarakat yang ingin mudik dan juga bisa sampai ditujuan masing-masing sesuai yang diharapkan," kata Listyo menambahkan. Dia pun memberikan pesan kepada para pengemudi bus.

Listyo meminta agar para pengemudi untuk senantiasa berhati-hati dalam perjalanan. Dia juga mengingatkan, tahun sebelumnya ada 3.457 kecelakaan lalu lintas terjadi dan pada 2023 harus dapat ditekan.

"Berhati-hati di jalan, terus pengawal juga tolong dikawal dengan baik diingatkan kapan waktunya memang harus istirahat-istirahat jangan dipaksakan. Sehingga rombongan ini bisa berjalan dengan lancar, sampai tujuan dengan selamat," kata Listyo berpesan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement