Selasa 18 Apr 2023 14:10 WIB

Kapolda Papua Imbau Wilayah Rawan tak Gelar Sholat Id di Lapangan

Imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.
Foto: Dok Polri
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA  -- Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal Polisi Mathius Fakhiri telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Muslim yang tinggal di daerah rawan untuk tidak menggelar sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di lapangan terbuka.

"Melalui kapolres-kapolres yang bertugas di daerah rawan sudah diimbau agar melaksanakan sholat Id di masjid atau ruangan tertutup," kata Kapolda di Jayapura, Selasa.

Baca Juga

Menurut Fakhiri, imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan saat umat Islam melaksanakan sholat Idul Fitri.

Kapolda menyebut daerah-daerah yang masuk kategori rawan keamanan meliputi Kabupaten Puncak Jaya, Puncak, Nduga, Intan Jaya, Yahukimo, dan Pegunungan Bintang. "Di daerah itu memang terdapat beberapa kelompok bersenjata yang seringkali mengganggu masyarakat dan aparat keamanan," katanya.

Kapolda menambahkan aparat keamanan TNI dan Polri sudah berupaya semaksimal mungkin melakukan pengamanan wilayah, termasuk melaksanakan pengamanan ibadah sholat Tarawih.

Untuk pengamanan menjelang dan sesudah Idul Fitri 2023, tambah Kapolda, telah digelar Operasi Ketupat Cartenz yang melibatkan sebanyak 2.665 personel, termasuk dari unsur TNI dan anggota lainnya. "Mudah-mudahan pelaksanaan sholat Idul Fitri di Papua berlangsung aman tanpa gangguan," jelasnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement