Senin 10 Apr 2023 14:13 WIB

Bantah Kadishub, Heru Budi: Belum Ada Pembangunan Stasiun JIS

Pj Gubernur DKI Her Budi membantah Kadishub yang sebut ada pembangunan stasiun JIS.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pj Gubernur DKI Her Budi membantah Kadishub yang sebut ada pembangunan stasiun JIS.
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pj Gubernur DKI Her Budi membantah Kadishub yang sebut ada pembangunan stasiun JIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi terkait pembangunan stasiun Jakarta International Stadium (JIS). Menurutnya, sampai saat ini masih belum ada pembangunan tersebut.

"Masih belum. Saya lihat dahulu dengan Dinas Cipta Karya, Pertanahan dan Tata Ruang (Citata) DKI. Kita lihat perencanaan dahulu," kata Heru di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak era Gubernur Anies Rasyid Baswedan memiliki niatan membangun Stasiun JIS. Stasiun berlokasi di utara Jakarta International Stadium (JIS) tersebut untuk mendukung mobilitas suporter yang ingin menonton pertandingan sepak bola di stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut.

Sayangnya, hingga kini, kabar pembangunan Stasiun JIS seperti tenggelam. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono menjelaskan, pembangunan Stasiun JIS sampai saat ini masih berlangsung.

"Ya kan semuanya masih proses," kata Joko kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Senin (10/4/2023).

Saat disinggung berapa progres pembangunan Stasiun JIS, Jokowi hanya memberi jawaban singkat. "Pembangunannya kan lagi ini. Ya lihat dong di sana," kata Joko.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo mengatakan, pembangunan Stasiun KRL JIS ditargetkan selesai pada 2024. Menurut dia, jika stasiun itu sudah rampung dan beroperasi maka bisa memudahkan masyarakat untuk menuju JIS.

"Yang kami dorong adalah bagaimana penuntasan stasiun KRL terlebih dahulu. Saat ini sedang dibangun untuk stasiun sementara di JIS," katanya kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Rabu (8/2/2023).

Menurut dia, pada tahap awal, dibangun stasiun sementara. Kemudian, Stasiun JIS ditingkatkan menjadi ultimate dengan bangunan dan kapasitas yang lebih besar.

"Yang diharapkan pada tahun depan (2024) stasiun sementara ini bisa berfungsi pararel dengan itu akan ditingkatkan menjadi stasiun ultimate," kata Syafrin.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement