Senin 10 Apr 2023 12:42 WIB

Relawan Anies Mulai Bergerilya di Jateng untuk Raup Suara Santri

FormasNU dan MAS Anies bergerak ke Kabupaten Brebes adakan peringatan Nuzulul Quran.

Relawan Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) dan Majelis An Nahdhiyyah Indonesia (MAS ANIES) mulai bergerilya ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk meraup suara masyarakat santri.
Foto: Dok FormasNU
Relawan Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) dan Majelis An Nahdhiyyah Indonesia (MAS ANIES) mulai bergerilya ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk meraup suara masyarakat santri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu relawan pendukung bakal calon presiden Anies Rasyid Baswedan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Santri Nusantara (FormasNU) dan Majelis An Nahdhiyyah Indonesia (MAS ANIES) mulai bergerilya ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk meraup suara masyarakat santri.

Kali ini, mereka bergerak ke Kabupaten Brebes dengan mengadakan peringatan Nuzulul Quran dan Deklarasi Relawan di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Ahad (9/4/2023). Ketum FormasNU, Ahmad Rouf Qusyairi mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin yang mampu mengayomi masyarakat.

Menurut dia, suara semua warga akan mempengaruhi dan menentukan masa depan masyarakat bangsa Indonesia. "Dalam sistem demokrasi itu kita mengenal yang namanya one man one vote, Jadi kita semua harus benar-benar dengan jeli dan dengan kritis untuk menggunakan haknya," katanya dalam siaran di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Menurut Rouf, masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam menentukan pilihan. Meski begitu, jangan sampai ada warga ketika memilih sampai mendapatkan tekanan dari luar. "Karena hak dan kewajiban kita itu sama maka tidak boleh dan tidak wajib untuk mengikuti siapapun yang mencoba untuk mengintimidasi dan menakuti kita semua," ujar Rouf.

Aktivis NU tersebut menjelaskan, Anies adalah sosok sebagai penerus dan pelanjut Jokowi untuk perbaikan dan perubahan bangsa dan negara. Meski begitu, kata dia, arti penerus memiliki dua muatan, yaitu perbaikan dan keberlanjutan atau perubahan dan kesinambungan. "Nah ini yang akan di bawa oleh mas Anies," ucap Rouf.

DIa menerangkan, silaturahim dengan tokoh NU menjadi langkah yang akan dilakukan oleh FormasNU untuk memaksimalkan suara NU di Jateng. Tujuannya agar warga Nahdliyin mendukung dan memilih Anies sebagai presiden. "

Pertama kita akan intensifkan silaturahim kepada para kiyai, para masyayikh, bersilaturahim dan mengkomunikasikan visi misi dan figur serta sosok Anies di kalangan santri serta menepis isu-isu hoax yang di produksi oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ucapnya.

Ketua Umum MAS ANIES, Muhammad Ridwan melanjutkan, pihaknya terus bersinergi dengan kaum Nahdliyin secara kultural untuk memenangkan Anies sebagai Presiden 2024. "Relawan kita sudah terkoneksi dan terintegrasi dengan simpul-simpul Nahdiyin secara kultural di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Tengah, juga terkoneksi dan terintegrasi seluruh relawan Pak Anies Rasyid Baswedan di seluruh nasional," ucapnya.

Sampai saat ini, kata Ridwan, MAS ANIES sudah membentuk struktur kepengurusan di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Setelah Lebaran, sambung dia, strukrur pengurus di Jawa Timur akan terbentuk, yang diikuti Surabaya dan beberapa kabupaten/kota lainnya.

"Kita sudah konfirmasi membentuk korwil Jawa Timur, kemudian Madiun dan kami kembali ke Magelang, Yogya, kemudian mengkonkretkan yang sudah kami follow up di Jepara, Kudus, dan Demak," kata Ridwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement