Ahad 09 Apr 2023 14:35 WIB

Pemprov Babel Siapkan Layanan Vaksin Booster di Posko Mudik Lebaran

Adanya layanan vaksinasi dapat mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca-Lebaran.

Vaksin Covid-19 (ilustrasi)
Foto: PxHere
Vaksin Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyiapkan pelayanan vaksinasi booster Covid-19 di sejumlah posko mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriyah, guna meningkatkan kekebalan tubuh pemudik dari virus corona tersebut.

"Kami berharap dengan adanya layanan vaksinasi ini dapat mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca-Lebaran/Idul Fitri tahun ini," kata Kasi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Provinsi Kepulauan Babel MZaenuri di Pangkalpinang, Ahad (9/4/2023).

Ia mengatakan posko pelayanan vaksinasi Covid-19 ini disesuaikan dengan instansi terkait yang menangani mudik, seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, ASDP, dan lainnya, agar pemudik mudah mendapatkan pelayanan vaksin dan kesehatan. "Mudah-mudahan dengan adanya gerai vaksinasi ini dapat memudahkan masyarakat mudik Lebaran untuk mengikuti vaksinasi lengkap, ketiga, dan keempat," ujarnya.

Ia mengimbau pemudik yang belum vaksin Covid-19 untuk segara vaksin agar tidak mudah tertular virus corona selama melakukan perjalanan mudik atau berlebaran di kampung halaman. "Meski belum adanya kebijakan wajib vaksin bagi pemudik lebaran tahun ini, kami tetap mengimbau para pemudik untuk vaksin, menjaga protokol kesehatan selama perjalanan mudik agar terhindar dan terjangkiti virus corona ini," kata Zaenuri.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Babel Mikron Antariksa mengatakan vaksinasi merupakan salah satu strategi pemerintah dalam menangani laju perkembangan dan penyebaran virus corona, menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

"Kita harus tetap waspada, karena virus corona ini masih ada dan bisa terjadi lagi lonjakan kasus akibat lengah dan lalai mengikuti anjuran pemerintah yaitu vaksinasi serta disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement