Kamis 30 Mar 2023 16:33 WIB

Begini Perbedaan Pendidikan Prasekolah di Berbagai Negara

Setiap negara punya pendekatan beragam dalam hal pendidikan anak usia dini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aktivitas di kelas Waldorf Kelip Kelip Preschool di Shah Alam, pinggiran Kuala Lumpur, Malaysia, 23 Agustus 2019. Tiap negara punya pendekatan berbeda dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.
Foto:

4. Kanada

Secara garis besar, kurikulum TK di Kanada tak jauh berbeda dengan AS. Akan tetapi, beberapa TK di Kanada mengizinkan anak-anak untuk menghabiskan waktu sepanjang hari di luar ruangan. Melalui mendongeng dan pembelajaran alam, anak-anak diharapkan bisa belajar dengan cara yang tidak biasa.

5. Jepang

Jepang tidak mewajibkan anak-anak masuk TK, tetapi TK di negara itu memiliki desain luar biasa sehingga menarik peminat. TK di Jepang lebih mengutamakan pendidikan jasmani daripada hal lain, bahkan anak-anak memulai hari dengan berlari sekitar tiga kilometer.

6. Inggris Raya

Taman kanak-kanak atau taman bermain di Inggris harus memenuhi standar Health and Social Services Trusts. Aktivitas yang dilakukan yakni memasak, kelas drama, bahasa Prancis, dan yoga.

Anak-anak berusia tiga hingga empat tahun berhak mengambil kelas gratis sepanjang 15 jam setiap pekan. Orang tua harus membayar jika ingin waktu lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement