Rabu 29 Mar 2023 23:51 WIB

Ini Tiga Tips Bagi Generasi Muda untuk Mulai UMKM di Ranah Digital

Generasi muda berpeluang besar untuk turut majukan UMKM Indonesia

Ilustrasi UMKM. Generasi muda berpeluang besar untuk turut majukan UMKM Indonesia
Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO
Ilustrasi UMKM. Generasi muda berpeluang besar untuk turut majukan UMKM Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran yang luar biasa besar bagi perekonomian Indonesia. Namun, mayoritas UMKM masih menjalani bisnis secara tradisional.

Karena itu, Anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin pun membagikan tips untuk generasi muda yang ingin membangun UMKM. 

Baca Juga

Nurul menjelaskan, UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak secara negatif oleh pandemi. Namun, dari sisi positifnya terdapat akselerasi pemanfaatan teknologi digital serta meningkatnya keterlibatan UMKM dalam pasar digital.

"Kita lihat kenaikannya secara signifikan ketika pandemi muncul, banyak UMKM baru yang lahir dari rumah karena banyak yang di-PHK dan kemudian tidak bekerja ke kantor dan sebagainya sehingga ini pun banyak melahirkan inovasi-inovasi yang baru," ujar Nurul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/3/2023).

Dia menilai, digitalisasi UMKM bisa menjadi sebuah solusi bahkan game changer untuk kembali menggerakkan roda perekonomian Indonesia. "Dengan kemampuan teknologi yang dimiliki, generasi muda dapat memanfaatkan kemampuan teknologi tersebut untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan UMKM yang selama ini banyak dikelola secara tradisional dan konvensional," kata Nurul.

Dalam Webinar Aptika Kominfo, Nurul juga menjelaskan bahwa terdapat peluang bagi UMKM untuk berkembang lebih besar dengan memanfaatkan ekonomi digital. Karena, saat ini sudah memasuki era digital. 

"Salah satu cara agar transformasi digital UMKM dapat dipercepat adalah generasi muda yang menguasai teknologi dapat peduli dan masuk ke dalam ekosistem bisnis UMKM," jelas Nurul. 

Dia pun membagikan tiga tips bagi generasi muda yang ingin membangun UMKM yaitu sebagai berikut: 

1. Beralih pada marketplace atau e-commerce

Nurul mengatakan, belanja online saat ini menjadi pilihan favorit konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sehingga, menurut dia, para pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan bergabung dengan Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya

Baca juga: Muhammadiyah Resmi Beli Gereja di Spanyol yang Juga Bekas Masjid Era Abbasiyah

2. Menyusun strategi pemasaran digital

Menurut Nurul, generasi muda juga harus menyusun strategi pemasaran, sehingga bisa memudahkan UMKM memasarkan produknya. Beberapa strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan adalah digital ads, media sosial, dan aplikasi pesan instan

3. Manfaatkan layanan pesan antar

Layanan pesan antar saat ini sangat digemari, terutama oleh pelaku UMKM sektor kuliner. Banyak masyarakat yang lebih memilih memesanan makanan lewat layanan pesan antar karena pandemi Covid-19. Karena itu, menurut Nurul, generasi muda yang ingin membangun usahanya harus memanfaatkan layanan pesan antar tersebut.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement