Rabu 29 Mar 2023 14:19 WIB

Jokowi: Keterlambatan Pembangunan Transportasi Massal Sebabkan Kemacetan

Keterlambatan pembangunan transportasi massal terjadi hampir di semua pulau besar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah warga berada di dalam gerbongi kereta api di Stasiun Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (10/1/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keterlambatan pembangunan transportasi massal di berbagai daerah di Indonesia menyebabkan terjadinya kemacetan di kota-kota besar.
Foto:

Menurut Jokowi, keterlambatan dalam membangun transportasi massal terjadi di hampir semua pulau besar di Indonesia. Padahal, ketersediaan transportasi massal sangat penting untuk menghubungkan antarprovinsi. Keberadaan transportasi massal ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempermudah mobilitas dan juga menekan biaya transportasi.

Karena itu, dalam kesempatan ini, Jokowi pun mengaku senang dengan pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare rute Maros-Barru di Sulawesi Selatan. Jalur ini merupakan bagian dari proyek kereta api Trans Sulawesi yang nantinya akan tersambung dari Makassar hingga Manado di Sulawesi Utara.

“Meskipun sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare dan yang sekarang yang ingin kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru. Jadi ini Makassar nanti kemudian ke sana ke Parepare,” ucap Jokowi.

Jokowi meyakini, keberadaan kereta api di Sulawesi ini akan mendorong peningkatan daya saing negara. Karena mobilitas masyarakat dan juga barang juga akan semakin mudah dan murah.

 

“Ini kalau nanti betul-betul sudah keretanya banyak ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan semakin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement