Selasa 28 Mar 2023 20:37 WIB

Tiadakan Tes Calistung, Nadiem Ulas Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

Nadiem menegaskan kesiapan anak bersekolah adalah sebuah proses.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Reiny Dwinanda
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim usai memberikan arahan dalam acara Puncak Apresiasi Talenta Berprestasi dan Mitra 2022 di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (20/12/2022). Dalam acara tersebut Republika mendapatkan apresiasi sebagai mitra media atas kontribusinya dalam mendukung dan menyukseskan ajang talenta 2022. Nadiem tiadakan tes calistung sebagai syarat masuk SD.
Foto:

Lalu, fokus ketiga adalah terkait kemampuan dasar literasi dan numerasi yang harus dibangun mulai dari PAUD secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan. Fokus keempat, "siap sekolah" merupakan proses yang perlu dihargai oleh satuan pendidikan dan orang tua yang bijak.

Setiap anak, menurut Nadiem, memiliki kemampuan, karakter, dan kesiapan masing-masing saat memasuki jenjang SD. Karena itu, setiap anak tidak dapat disamaratakan dengan standar atau label-label tertentu.

"Siap sekolah adalah proses, bukan hasil. Bukan sekadar pemberian label antara anak yang sudah siap atau belum siap sekolah," jelas Nadiem.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement