Selasa 28 Mar 2023 14:29 WIB

Pemprov Jabar Sambut Kertajati Jadi Bandara Premium Internasional

Pemprov Jabar menyambut baik rencana Kertajati menjadi bandara premium internasional.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, resmi beroperasi. Pemprov Jabar menyambut baik rencana Kertajati menjadi bandara premium internasional.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, resmi beroperasi. Pemprov Jabar menyambut baik rencana Kertajati menjadi bandara premium internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Presiden Jokowi menugaskan agar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bisa mengefektifkan peran Bandara Kertajati, Majalengka sebagai bandara internasional. Hal ini dilakukan, untum menopang Bandara Soekarno-Hatta yang sudah melebihi kapasitas tampung.

Menurut Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS, pihaknya menyambut baik rencana pemerintah menjadikan Bandara Kertajati sebagai bandara premium untuk penerbangan internasional. 

Baca Juga

“Ini akan sejalan dengan harapan kami mudah-mudahan,” ujar Taufiq kepada wartawan di Bandung, Selasa (28/3/2023).

Taufiq mengatakan, kebangkitan dan efektifitas Bandara Kertajati mulai terlihat seiring dengan rencana akan difungsionalkanya Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada 15 April mendatang.

 “Ini semakin meningkatkan kebutuhan akan penerbangan dari Kertajati ke kota-kota lain,” katanya.

Untuk menopang operasional bandara, kata dia, Pemprov Jabar sendiri saat ini tengah mematangkan rencana masuknya pemegang saham baru ke BUMD PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB). 

"Saat ini sedang berproses, pada prinsipnya para pemegang saham sudah sepakat, kami harap tidak terlalu lama ada kepastian tentang penempatan dana,” katanya.

Pemegang saham baru akan mengantongi 210 ribu lembar saham baru dengan harga Rp 1,3 juta per lembar saham atau sekitar Rp 270 miliar. Dana segar ini menurut Taufiq akan dipakai untuk operasional BIJB.

“Haji sudah confirm, untuk umroh dan komersial. Biaya operasional akan menjadi prioritas. Mudah-mudahan April ini sudah terseksekusi,” katanya.

Sebelumnya Menhub Budi Karya Sumadi usai rapat bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/3/2023) memastikan Bandara Kertajati akan menjadi bandara alternatif untuk penerbangan internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement