Senin 27 Mar 2023 14:19 WIB

Elektabilitas Meningkat, Zulhas: Erick Thohir Semakin Diterima Masyarakat

Tren positif menjadi bukti apresiasi publik terhadap kinerja Erick Thohir.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut senang dengan peningkatan elektabilitas Erick Thohir. (ilustrasi).
Foto: dok kementerian perdagangan
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut senang dengan peningkatan elektabilitas Erick Thohir. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut senang dengan peningkatan elektabilitas Erick Thohir. Zulhas menyebut tren positif menjadi bukti apresiasi publik terhadap kinerja Erick.

"Hal ini menjadi tanda bahwa figur sahabat saya, Etho (Erick Thohir) juga semakin meningkat diterima masyarakat karena nilai elektoral adalah ukuran dari besaran aspirasi masyarakat yang dipotret secara kuantitatif melalui survei," ujar Zulhas di Jakarta, Senin (27/3/2023).

Baca Juga

Zulhas menyebut kenaikan elektabilitas Erick tak lepas dari peningkatan kinerja dalam memimpin BUMN sehingga berdampak kepada pertumbuhan ekonomi nasional dan berdampak pada trickle down effect kepada ekonomi daerah.

Di samping itu, Zulhas mengatakan Erick merupakan sosok yang open mind dan terbuka menerima gagasan baru, pintar, profesional dan menyintai olahraga. Zulhas menilai karakter Erick ini yang menjadi daya tarik bagi masyarakat.

"Sebagian masyarakat akan menyukai figur seperti Etho sehingga wajar jika elektabilitasnya meningkat. Semoga saja sahabat saya, Etho, dapat menjaga dan sekaligus kinerja dan reputasinya agar terus dapat membawa manfaat bagi kemajuan bangsa dan negara," kata Zulhas.

Nama Erick sendiri terus menguat sebagai kandidat cawapres favorit masyarakat. Hal ini tergambar dalam hasil survei nasional Indikator Politik Indonesia kepada 1.220 responden pada 9-16 Februari 2023 dan 800 responden pada 12-18 Maret 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi yang menyukai Erick Thohir menjadi cawapres) semakin meningkat. Bahkan peningkatannya pun jauh lebih tajam dibandingkan empat cawapres lain yang disurvei oleh lembaga itu.

“Secara umum dukungan terhadap Calon Wakil Presiden tidak banyak berubah, kecuali Erick Thohir yang meningkat cukup besar,” ujar Burhanuddin Muhtadi saat menyampaikan hasil Survei Nasional: Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik dalam Dua Surnas Terbaru di Jakarta, Ahad (26/3/2023).

Burhanuddin menyampaikan survei dilakukan melalui tatap muka dengan toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen dan 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement