Rabu 22 Mar 2023 07:36 WIB

Masyarakat Desa Karangturi Gresik Diajak 'Ubah' Sampah Jadi Rupiah Lewat Bank Sampah

Sampah bisa ditukarkan untuk diganti uang.

Donasi sampah berbuah rupiah di Desa Oesman Sadar, Gang XX, Desa Karangturi Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Donasi sampah berbuah rupiah di Desa Oesman Sadar, Gang XX, Desa Karangturi Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Sekelompok relawan di Gresik, Jawa Timur mengajak masyarakat setempat untuk 'mengubah' sampah menjadi rupiah. Kegiatan itu digelar di Desa Oesman Sadar, Gang XX, Desa Karangturi Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.

"Kami mengajak mak-mak untuk melakukan donasi sampah. Hasil dari donasi tersebut dibeli oleh Bank Sampah Meduran dan diwujudkan dalam bentuk tempat sampah yang dapat dipergunakan bagi lingkungan " ujar Korwil Mak Ganjar Jatim Harizatun Naqiyah dilansir dari Antara, Selasa (21/3/2023). 

Baca Juga

Pihakbga  juga melakukan sosialisasi program Yuk Darling (Yuk Sadar Lingkungan). Harizatun mengatakan, pihaknyingin mengingatkan masyarakat  betapa pentingnya menjaga lingkungan untuk keberlanjutan kehidupan bersama

"Sampah adalah ancaman bagi ekosistem kita tetapi akan menjadi berkah di tangan yang tepat. Pemilahan sampah dan pendaur ulangan akan memberikan nilai ekonomi pada sesuatu yang disebut sebagai sampah," kata dia.

Yeti, salah seorang warga mengapresiasi langkah Harizatun dan kawan-kawan dalam menggelar kegiatan tersebut.

"Keren sekali kegiatan ini. Semoga akan terus berlanjut. Jika secara sadar kita mampu untuk mengolah sampah dengan baik maka akan memberi benefit dan profit bagi kita semua," ujar Yeti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement