Rabu 15 Mar 2023 21:24 WIB

Korlantas Polri Matangkan Rekayasa Jalur Mudik

Korlantas Polri mematangkan rekayasa jalur mudik dan balik Lebaran 2023.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi. Korlantas Polri mematangkan rekayasa jalur mudik dan balik Lebaran 2023.
Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi. Korlantas Polri mematangkan rekayasa jalur mudik dan balik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2023.

"Sesuai dengan arahan bapak kapolri, kami menyiapkan dengan matang segala rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan yang berdampak antrean panjang, baik di tol, arteri, dan jalur penyeberangan," kata Firman dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Kemacetan dan kecelakaan menjadi dua hal yang perlu diantisipasi dalam momen arus mudik dan arus balik Lebaran.

Firman menjelaskan pihaknya telah melakukan survei dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait guna memastikan rekayasa lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan di jalur mudik.

Ia menambahkan penempatan sejumlah posko mudik juga sedang dalam proses pematangan. Titik rawan kepadatan dan kecelakaan menjadi tolok ukur pertimbangan penempatan posko mudik dan personel.

"Ini akan semakin kami matangkan mengingat berdasarkan survei Kemenhub tahun ini akan ada 128,3 juta orang yang mudik. Jadi, antisipasi kerawanan, titiknya di mana, jumlah posko, ketersediaan anggota, sangat kami pikirkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder (pemangku kepentingan) terkait," ujar Firman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement