Senin 13 Mar 2023 16:27 WIB

Jokowi Tunjuk Menko PMK Muhadjir Jadi Plt Menpora

Jokowi akan segera mencari Menpora definitif pengganti Zainudin Amali.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjadi Plt (pelaksana tugas) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Ditunjuknya Menko PMK Muhadjir Effendy ini dilakukan setelah Zainudin Amali secara resmi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya pak Menko PMK," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3).

Baca Juga

Jokowi pun mengatakan akan segera memutuskan calon pengganti Zainudin untuk mengisi posisi Menpora. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk menunggu informasi selanjutnya. "Penggantinya ditunggu saja nanti segera kita putuskan," ujarnya.

Jokowi mengaku telah bertemu Zainudin Amali pada Senin pagi tadi. Zainudin menghadap Jokowi untuk menyampaikan kembali secara resmi pengunduran dirinya. "Menpora tadi pagi sudah bertemu saya. Surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan tadi saya sudah menyetujui," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, Zainudin Amali resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya pada Kamis (9/3) ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ia pun mengaku akan menghadap langsung ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (13/3).

"Saya baru saja ketemu dengan pak Mensesneg. Saya menyampaikan surat permohonan apa namanya pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menpora. Dan tentu ini masih berupa surat, memang saya harus bertemu bapak Presiden," jelas Zainudin di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta.

Sebelumnya, Zainudin telah menyampaikan pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi secara informal. Saat itu, ia menyebut ingin fokus dan berkosentrasi mengurus sepak bola nasional setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Jadi sebagaimana yang saya sampaikan beberapa waktu lalu secara informal, secara lisan saya sudah sampaikan ke bapak Presiden, saya akan fokus dan konsentrasi mengurus salah satu cabang olahraga," jelas dia.

Sebab, menurutnya sebagai Menpora, tidak etis hanya mengurusi salah satu cabang olahraga saja. Karena itu, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya saat ini. Zainudin pun menyebut telah mendapatkan izin dari Jokowi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement