Ahad 12 Mar 2023 17:18 WIB
Bahaya minuman manis

Jajanan Manis Ada di Mana-Mana, Anak Berisiko Diabetes Tipe 2

Belum ada aturan terkait pembatasan gula pada jajanan yang dikonsumsi anak.

Anak membeli jajanan minuman berasa di Jakarta, Selasa (28/2/2023). Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat terdapat 1.645 anak di Indonesia yang menderita diabetes pada Januari 2023 atau meningkat 70 kali lipat sejak tahun 2010. Salah satu faktor pemicu itu adalah karena  jajanan manis yang sering dikonsumsi anak. Perlunya pendampingan dan pengawasan  orang tua terhadap anak untuk menjaga pola makan yang sehat dengan pembatasan konsumsi gula.
Foto:

Selain itu, makanan tinggi kadar lemak juga mudah ditemukan di sekitar anak. Para orang tua dengan mudah menyajikannya dengan alasan praktis.

Piprim menjelaskan, jika anak sedari awal terus menerus diberi makanan tinggi indeks glikemik, maka dapat secara cepat meningkatkan gula darah dan menurunkannya kembali secara drastis. Dampaknya insulin akan diproduksi terus menerus dan tinggi kadarnya di dalam darah dan mengakibatkan pankreas bekerja ekstra dan menyebabkan diabetes.

Gaya hidup yang kurang bergerak seperti bermain gawai, juga turut mempengaruhi kesehatan anak serta mempercepat terjadinya penyakit generatif, penuaan dini karena terjadinya inflamasi kronik. Tak heran,, diabetes tipe 2 yang biasanya dialami orang dewasa berusia 40 tahun ke atas, kini juga banyak menyerang remaja.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement