Kamis 02 Mar 2023 09:53 WIB

Kuasa Hukum Shane: Ada Ketergantungan dengan Dandy

Kuasa hukum sebut ada ketergantuan Shane terhadap Dandy karena sudah berteman lama.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Akun TikTok yang diduga milik MDS @mariodandys kerap mengunggah video-video motor dan mobil mewah.
Foto: tangkapan layar Tiktok
Akun TikTok yang diduga milik MDS @mariodandys kerap mengunggah video-video motor dan mobil mewah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shane Lukas Rotua Pangondian Lumbantoruan alias SLRPL (19 tahun) mengaku dijanjikan perlindungan oleh anak mantan pejabat pajak Mario Dandy Satriyo (20 tahun). Dalam janjinya itu, Mario memastikan bahwa bapaknya bernama Rafael Alun Trisambodo akan mengurus semua permasalahan yang mereka lakukan. 

"Menurut penjelasan dari Shane juga, dia mengaku ada di relasi kuasa itu karena dia lalu mengandalkan bapaknya, 'Udah, jangan takut, bapak saya nanti yang urus semua,' gitu," kata kuasa hukum Shane, Happy SP Sihombing, kepada awak media, Rabu (1/3/2023). 

Baca Juga

Dengan janji yang diberikan oleh Mario, kata Happy, Shane merasa dirinya aman dan menuruti apa yang dperintahkan oleh anak mantan pejabat pajak tersebut. Termasuk perintah untuk melakukan perekaman aksi penganiayaan yang dilakukan Mario terhadap Crytalino David Ozora (17 tahun).

"Dia (Shane) mau disuruh karena itu karena dia dijanjikan, maksudnya, 'Udah kamu tenang aja gak usah takut, saya minta videokan. Saya juga gak mau apa-apain kok.' Kata Mario gitu mankanya Shane itu mau. Itu pun kemarin dia dijemput," ujar Happy.

Tidak hanya itu, menurut Happy, kliennya dalam relasi kuasa tersangka Mario. Sehingga kliennya tidak menolak apa yang diperintahkan temannya tersebut. Shane dan Mario juga sudah berteman sejak lama dan mereka memiliki hobi yang sama, yaitu motor.

"Dia ada relasi kuasa dan ketergantungan karena dia berteman baik dengan si Dandy ini dan ada katanya teman nongkrong di kafe-kafe," kata Happy. 

Salah satunya adalah ajakan Mario untuk menemui korban David. Padahal, kata dia, Shane tidak mau menuruti ajakan Mario yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Bahkan, Shane sempat dihubungi berkali-kali melalui sambungan telepon. Pada akhirnya Mario langsung menjemput Shane menggunakan mobil Rubicon tersebut.

"Jadi, dia (Shane) ada berada di bawah kendali dari si Dandy," ujar Happy. 

Selain itu, dari keterangan orang tua Shane, kata Happy, awalnya Mario mengajak Shane Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tetapi pada saat di perjalanan berubah rute. Namun, Happy tidak menjelaskan apakah mereka langsung menemui David di kawasan Ulujami, Jakarta Selatan, atau mampir ke lokasi lain terlebih dulu. 

"Dia sebenarnya pada saat di mobil dia pas dijemput, Dandy itu bilang kita ke lebak bulus. Ini kata orang tuanya ya sekali lagi. Di Lebak Bulus eh tau-taunya di tengah jalan ke tempat yang lain," kata Happy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement