Rabu 01 Mar 2023 15:13 WIB

Pejabat Bea Cukai Yogyakarta tak Ada di Kantor Saat Disambangi Wartawan

Akun Instagram milik Eko Darmanto yang kerap pamer harta kini hilang setelah viral.

Rep: Fergi Nadira/Silvy Dian Setiawan/ Red: Erik Purnama Putra
Akun Instagram milik pegawai kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto kini lenyap.
Foto: Tangkapan layar
Akun Instagram milik pegawai kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto kini lenyap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet kembali menyinggung soal pamer harta kekayaan para pejabat yang kali ini pada pejabat bea cukai. Tagar bea cukai hedon ramai yang mulai menguak harta Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto.

Warganet menemukan Instagram @eko_darmanto_bc yang kerap mengunggah kendaraan mewahnya. Dia diketahui mempunyai sembilan mobil mewah, mobil antik, hingga pesawat kecil.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Rabu (1/3/2023), akun tersebut sudah lenyap alias hilang. "Pamer di Medsos, giliran sudah viral ngaku nggak punya," kata salah satu pengguna Twitter.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Eko memiliki harta Rp 15,7 miliar. Di sisi lain, ia memiliki utang Rp 9 miliar. Di akun yang telah terlanjur beredar, terlihat Eko berpose dengan motor dan mobil mewahnya. Dia bahkan berlagak di samping pesawat Cessna.

"Eselon III Bea Cukai punya koleksi mobil antik dan moge Harley serta beberapa barang branded. #BeaCukaiHedon," tulis pengguna akun Twitter meramaikan tagar tersebut.

"Jangan kaget kalau lihat pegawai bea cukai hidupnya hedon, penuh barang mewah, ya sumbernya nggak jauh dari duit korup, sogokan barang masuk ataupun ngambil barang sitaan wkwk," kata salah satu pengguna Twitter lain.

Republika.co.id masih mencoba menghubungi pihak Bea Cukai Yogyakarta dan Direktorat Jenderal Bea Cukai Kemenkeu terkait masalah tersebut.

Sementara itu, saat wartawan menyambangi Eko Darmanto di kantor Bea Cukai Yogyakarta pada Selasa (28/2/2023), ia tidak berada di kantornya. Salah satu petugas yang tidak mau disebutkan namanya menyebut bahwa Eko sedang berada di DKI Jakarta dalam rangka bertugas.

"Pak Eko-nya sendiri memang sedang di Jakarta, dari kemarin," kata petugas tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement