Senin 20 Feb 2023 14:22 WIB

Polda Kalsel Musnahkan 35 Kg Sabu-Sabu

Sabu-sabu dibungkus pada 35 kemasan teh Cina saat dibawa dari Surabaya ke Kalsel.

Narkotika jenis sabu dimusnahkan. (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Rahmad
Narkotika jenis sabu dimusnahkan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN--Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Selatan, memusnahkan 35 kilogram sabu-sabu pada Senin (20/2/2023). Narkoba ini dibawa pengedar masuk lewat jalur laut dari Surabaya, Jawa Timur.

"Jadi barang bukti yang dimusnahkan hari ini hasil tangkapan pada 14 Januari 2023 terhadap seorang tersangka berinisial RS (42 tahun)," kata Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian R Djajadi saat pemusnahan di Banjarmasin, Senin (20/2/2023).

Baca Juga

Penyelundupan narkoba dalam jumlah besar itu terungkap berawal dari informasi masyarakat akan adanya seseorang membawa sabu-sabu melewati Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Tri Wahyudi, langsung membentuk tim dipimpin Kasubdit 1 AKBP Meilki Bharata melakukan penyelidikan. Hasilnya, menangkap RS di sebuah hotel di Banjarmasin sesaat setelah kapal yang ditumpanginya sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

"Tersangka mengemudikan truk yang membawa bermacam produk makanan di dalamnya diselipkan narkotika terbungkus pada 35 kemasan teh China," ujar Kapolda.

Ia mengakui, tersangka yang merupakan warga asal Kabupaten Barito Kuala, hanya berperan sebagai kurir dan dijanjikan upah untuk menyelundupkan narkoba dari Surabaya ke Kalsel. Kapolda menegaskan, perang terhadap jaringan narkoba terus dilakukan di samping upaya pencegahan untuk memutus rantai peredaran.

"Narkoba ini masuk Kalsel karena memang ada pasarnya, sehingga para pengguna ini harus disembuhkan agar narkoba tidak laku lagi dan otomatis peredaran menjadi berkurang dengan sendirinya," kata dia menegaskan.

Keberhasilan pengungkapan itudiapresiasi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Ketua DPRD Kalsel Supian HK, yang kompak memberikan penghargaan untuk Kapolda dan Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel.

"Hari ini kita kembali memenangkan peperangan terhadap narkoba. Bayangkan jika barang laknat ini sampai beredar, berapa ratus ribu orang bahkan jutaan orang akan dirusak barang haram ini," ujar gubernur.

Sementara anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Alhabsyi yang turut hadir dalam pemusnahan mengaku salut atas kinerja Ditresnarkoba Polda Kalsel, karena telah menunjukkan upaya luar biasa mengungkap peredaran narkoba.

"Selama periode Desember 2022 hingga Januari 2023 ada sekitar 79 kilogram narkotika berhasil disita dan telah dimusnahkan, kami apresiasi pencapaian ini," ucanya.

Selaku wakil rakyat yang menjadi mitra Polri di DPR, dia memberi dukungan Kapolda Kalsel untuk memperkuat jajaran Ditresnarkoba agar tugas memberantas peredaran narkoba bisa maksimal.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement