Sabtu 18 Feb 2023 21:10 WIB

Pemprov Sumbar Promosikan Kopi dan Rendang ke Norwegia

Rendang dan kopi Sumbar akan dipamerkan di pameran Umami Arena di Norwegia.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nidia Zuraya
Rendang, ilustrasi
Rendang, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, OSLO -- Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy memimpin delegasi dari Sumbar untuk mempromosikan produk-produk lokal ke negara Norwegia. Di sana, Audy membuka peluang ekspor sejumlah komoditi dari Sumbar di antaranya rendang, kopi, kakao dan keripik.

"Kita akan dorong terus agar produk UMKM Sumbar diekspor ke Norwegia. Semoga terealisasi dalam waktu dekat," kata Audy, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga

Audy bersama rombongan Pemprov Sumbar berkunjung ke Norwegia sejak 14-17 Januari 2023 ini. Di mana Pemprov Sumbar diketahui berpartisipasi dalam pameran industri makanan dan minuman Umami Arena di Nova Spektrum, Lillestrom, Norwegia untuk mempromosikan produk-produk khas Sumbar.

Umami Arena merupakan pameran industri makanan terbesar di Norwegia yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali dan diikuti oleh 405 peserta dari 17 negara. 

Audy menyebut dirinya juga melirik untuk kerja sama bidang energi terbarukan. Karena ia melihat Norwegia dan negara-negara Eropa lainnya sudah lebih dulu memberdayakan energi terbarukan.

"Sumatera Barat adalah salah satu provinsi dengan persentase energi terbarukan dan bauran energi tertinggi di Indonesia, tapi Sumbar masih membutuhkan partner untuk terus mengembangkan energi terbarukan," ucap Audy.

Audy sudah memetakan beberapa mitra untuk solusi pembiayaan energi hijau di Norwegia. Yakni Tinfos, Scatec Solar, Ocean Sun, dan juga Norfund.

Audy berharap juga dapat menyepakati kerjasama dengan mitra di Norwegia tersebut untuk pengembangan energi terbarukan di Sumbar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement