Sabtu 18 Feb 2023 16:07 WIB

Ketua Dewan Pembina Granat Prihatin Peredaran Narkoba Masih Marak

Jumlah penyalahgunaan narkoba jenis baru di Indonesia semakin bertambah.

Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP Granat), Komjen (Purn) Togar M Sianipar.
Foto: Dok pribadi
Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP Granat), Komjen (Purn) Togar M Sianipar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Anti Narkotika (DPP Granat), Komjen (Purn) Togar M Sianipar memberikan arahan saat melantik pengurus DPP Granat masa bakti 2022-2027 di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (17/2/2023) malam WIB.

Menurut dia, keberadaan Granat harus sesuai dengan visinya, yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Langkah itu merupakan bentuk partisipasi nyata masyarakat yang diamanatkan Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Granat ikut prihatin terhadap semakin maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda," ucap Togar dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Dia menjelaskan, setelah Granat berusia 23 tahun mengabdi dan berkontribusi dalam mendukung pemerintah menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba, faktanya belum ada perubahan kondisi di masyarakat. Togar mengaku, belum merasa lega, melihat peredaran narkoba masih banyak.

"Karena jumlah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan berbagai macam jenis termasuk narkoba jenis baru di Indonesia semakin bertambah," kata mantan Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (Kalakhar BNN) tersebut.

Togar menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkali-kali menyampaikan keprihatinannya tentang masalah narkoba. Bahkan, sambung dia, Presiden Jokowi sampai menyebut, Indonesia sudah masuk darurat narkoba.

"Ini harus menjadi tantangan yang perlu dijawab oleh semua elemen bangsa yang dimotori oleh pemerintah  dalam hal ini BNN sebagai vocal point. Kita semua  untuk tidak saling menyalahkan, tetapi berupaya keras dan sungguh-sungguh yang dilakukan secara bersama-sama dan secara bertanggung jawab," kata Togar.

Dia pun mengucapkan selamat kepada Ketua Umum DPP Granat H KRH Henry Yosodiningrat beserta jajaran yang resmi dilantik. Togar juga menyampaikan terima kasih kepada Rektor Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jaya, Irjen (Purn) Bambang Karsono yang ikut menyukseskan jalannya pelantikan pengurus Granat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement