Kamis 16 Feb 2023 17:23 WIB

Universitas BSI Gelar Bootcamp Dukung Para Dosen Tingkatkan Karier

Universitas BSI menggelar 'bootcamp' untuk dosen di seluruh kampus se-Indonesia.

Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengadakan Bootcamp Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik Lektor Kepala bagi dosennya.
Foto: Dok. Universitas BSI
Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengadakan Bootcamp Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik Lektor Kepala bagi dosennya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen merupakan pilar utama dalam meningkatkan kualitas mutu suatu perguruan tinggi. Itu sebabnya dosen dituntut untuk senantiasa mengupgrade jenjang pendidikan sampai program doktoral dan juga karier dosen melalui kenaikan jabatan fungsional akademik.

Hal ini membuat Kampus Digital Kreatif Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) mengadakan 'Bootcamp Kenaikan Jabatan Fungsional Akademik Lektor Kepala' bagi dosennya. Kegiatan bootcamp ini dilaksanakan di seluruh kampus Universitas BSI se-Indonesia, pada 9-10 Februari 2023. 

Baca Juga

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas BSI Diah Puspitasari mengatakan bahwa pendampingan kegiatan ini merupakan kolabaorasi dua bagian yang ada di Universitas BSI, yakni bagian Pengembangan Dosen (Bangdos) dan Pengabdian Masyarakat. Kemudian, juga didukung penuh oleh bidang akademik Universitas BSI. 

“Indikator kualitas mutu suatu perguruan tinggi yang unggul salah satunya ditentukan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui jumlah dosen yang memiliki kualifikasi pendidikan doktoral serta jabatan fungsional akademik lektor kepala. Untuk mencapai indikator ini, maka diadakan kegiatan pedampingan dan bootcamp untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal internasional bereputasi,” jelas Diah dalam keterangan rilis, Kamis (16/2/2023). 

Ketua LPPM Universitas BSI Dr Taufik Baidawi melatih secara langsung para dosen. Ia menjelaskan, cara mencari topik yang tepat sesuai bidang ilmu dosen, mencari literatur review dan research gap untuk menghasilkan penelitian yang update sehingga bisa tembus untuk publikasi di jurnal Internasional bereputasi.

Ia juga menambahkan, tips dan trik untuk dosen menyusun manuscript paper dan menemukan jurnal internasional bereputasi yang tidak termasuk list jurnal predator. “Semoga dengan kegiatan bootcamp ini, dosen Universitas BSI semakin optimis dan semangat untuk membuat penelitian yang dapat tembus pada jurnal internasional bereputasi,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement