Jumat 17 Feb 2023 02:34 WIB

Cari Beasiswa Dalam Negeri? Coba Cek 5 Kategori Lembaga Ini

Saat ini banyak lembaga yang menawarkan beasiswa di dalam maupun luar negeri.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Saat ini banyak lembaga yang menawarkan beasiswa di dalam maupun luar negeri.(ilustrasi)
Foto: PxHere
Saat ini banyak lembaga yang menawarkan beasiswa di dalam maupun luar negeri.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pendidikan menjadi faktor penting dalam pembangunan sebuah negara. Lahirnya generasi penerus yang unggul tentu merupakan nilai lebih dari suatu bangsa. Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan layak. Sayangnya, tidak sedikit yang masih memiliki keterbatasan dalam melanjutkan pendidikan.

Saat ini banyak lembaga yang menawarkan beasiswa di dalam maupun luar negeri. Di dalam negeri, ada beberapa lembaga yang cukup populer sebagai pemberi program beasiswa yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga

1.Kemdikbud

Beasiswa Unggulan Kemendikbud adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Meraih Insan Cerdas dan Kompetitif yang diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia seperti guru, pegiat sosial, seniman, siswa / mahasiswa berprestasi dan atlet peraih medali. Ada pula Beasiswa BBM yanh merupakan beasiswa dari Dirjen Dikti Kemdiknas, tetapi ditujukan untuk membantu ekonomi mahasiswa terlepas dari prestasinya, dikutip dari Campuspedia.

 

2. Perbankan

Hampir semua industri perbankan di Tanah Air menawarkan program beasiswa. Hal itu mulai dari Bank Indonesia, BRI, Mandiri, BCA, hingga CIMB Niaga. Umumnya, ada beberapa syarat agar dapat menerima beasiswa dari industri perbankan ini. Misalnya, memiliki prestasi secara akademik maupun organisasi.

 

3. Yayasan dan Filantropi

Ada beasiswa Supersemar yang memberikan beasiswa kepada para mahasiswa kurang mampu secara ekonomi. Kemudian Beasiswa Teladan dari Tanoto Foundation yang ditujukan bagi mahasiswa yang sedang kuliah di perguruan tinggi yang menjadi mitra Tanoto. Ada pula Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) yang ditujukan bagi mahasiswa S1 di perguruan tinggi dalam negeri.

Sementara itu, dari lembaga filantropi, biasanya memberikan program untuk semua jenjang. Lembaga filantropi ini mulai dari Baznas, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa dan lainnya.

 

4. Yayasan perusahaan rokok

Djarum Foundation dan Sampoerna Doundation termasuk dua lembaga swasta yang populer sebagai pemberi beasiswa pendidikan. Program beasiswa ini biasanya memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari berbagai jurusan yang tengah menempuh program studi Strata 1/ Diploma 4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

 

5. Beasiswa Astra Internasional

Beasiswa Astra Internasional merupakan program bantuan pendidikan yang ditujukan bagi mahasiswa S1 yang berprestasi akademik maupun non akademik. Program beasiswa S1 dinamakan Beasiswa Unggulan Astra 1st.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement