Selasa 31 Jan 2023 11:39 WIB

Sudirman: Koalisi Perubahan Pengusung Anies Baswedan Segera Bertemu

Sudirman sebut pertemuan Koalisi Perubahan untuk menyepakati dukung Anies Baswedan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Sudirman Said
Foto: dokpri
Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, Sudirman Said Klaim tak Ada Paksaan dalam Deklarasi Koalisi Anies

 

Baca Juga

TANGERANG -- Ketua dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said mengapresiasi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah secara resmi mengusung Anies sebagai calon presiden (capres). Kini ketiganya tinggal menunggu waktu deklarasi, yang disebutnya tak ada paksaan dalam realisasinya.

"Jadi terhadap semua aspek juga tidak (dipaksa), kita tidak dalam nuansa atau mood yang kayak dipaksa-paksa, tidak ada," ujar Sudirman di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

Partai Demokrat dan PKS juga disebutnya telah menyerahkan keputusan terkait calon wakil presiden (cawapres) kepada Anies. Pengusulan kader kedua partai politik disebutnya sebagai bagian dari dinamika politik.

"Setelah dialog, lama-lama tidak, jalan saja dulu. Atau PKS kan juga menyerukan nama kadernya, tapi satu titik tidak, kita jalan saja dulu. Begitu pun Nasdem, malah paling awal tidak pakai syarat apa-apa," ujar Sudirman.

Ia sendiri bersyukur, PKS sudah secara resmi menyatakan sikapnya. Koalisi yang terdiri Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS disebutnya sudah siap untuk mengusung Anies sebagai capres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Karena pada hari ini Pak Anies adalah bakal calon presiden yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup. Ini artinya bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan," ujar Sudirman.

Sikap resmi Partai Demokrat dan PKS disebutnya menjadi bentuk kesolidan bersama Partai Nasdem yang sejak awal mendeklarasikan Anies. Dukungan tersebut juga wujud kepercayaan rakyat terhadap mantan gubernur DKI Jakarta itu.

"Kita semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai partai politik resmi diputuskan. Ini adalah wujud kepada Pak Anies Baswedan, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak," ujar Sudirman.

"Selanjutnya dalam waktu dekat para pimpinan puncak politik akan bertemu untuk menyusun menyepakati piagam koalisi, dan dalam waktunya Insya Allah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan," sambung mantan Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement