Senin 30 Jan 2023 22:05 WIB

Sepasang Elang Jawa, Parama dan Jelita Kini Terbang Bebas di Habitatnya

Parama dan Jelita merupakan sepasang elang jawa hasil pengembangbiakan PSSEJ dan TSI.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam acara pelepasan  Elang Jawa.
Foto:

Kepala Balai TNGHS, Wasja, menjelaskan sebelum Parama dan Jelita dilepasliarkan, keduanya juga melalui beberapa rangkaian prosedur pelepasliaran. Di antaranya pengecekan kesehatan satwa oleh tenaga medis, melakukan penilaian perilaku satwa dan kajian kesesuaian habitat.

“Berdasarkan hasil kajian habitat dan ground check yang telah dilaksanakan, areal hutan Vila Hijau ini dinilai cocok berdasarkan beberapa kriteria, diantaranya kondisi habitat, keberadaan pesaing, aksesibilitas dan potensi keberadaan pakan, serta lokasinya yang berbatasan langsung dengan kawasan TNGGP,” kata Wasja di Vila Hijau TSI, Kabupaten Bogor, Senin (30/1/2023).

Parama dan Jelita pun tidak dilepas begitu saja. Setelah dilepasliarkan ini, Jelita dan Parama tetap akan tetap menjalani monitoring melalui alat deteksi selama enam bulan ke depan.

Di masing-masing tubuhnya, keduanya dipasang Platform Transfer Terminal (PTTs) dengan jenis PinPoint Solar GPS- Argos dengan berat 21 gram. Langkah ini diambil untuk mendeteksi kondisional kedua satwa langka kebanggaan Indonesia ini di alam bebas.

Sehingga, bisa diketahui Parama dan Jelita suka bergerak ke mana saja. Apakah senang berada di area tepi hutan, atau masuk ke dalam hutan. Bahkan mencari elang lainnya untuk berkembangbiak dan membangun sarang.

GPS tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh perenca konservasi, di area mana aja yang perlu dikonservasi. Atau nanti area mana saja yang perlu direhabilitasi, agar habitat elang jawa bisa semakin bagus lagi.

Diharapkan, Parama dan Jelita bisa bertahan di alam liar. Sehingga data-data yang diperoleh bisa digunakan untuk kegiatan perencanaan konservasi yang lebih baik lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement