Ahad 29 Jan 2023 08:02 WIB

Tiket Kereta Panoramic Jakarta-Bandung Rp 350 Ribu, Bandung-Surabaya Rp 1,1 Juta

Menurut Menhub, kita punya Kereta Panoramic, tidak usah jauh-jauh ke Swiss.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Panoramic pada 24 Desember 2022.
Foto: Dok KAI
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Panoramic pada 24 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Kereta Panoramic memiliki potensi untuk terus dikembangkan, mengingat setelah diluncurkan pada Desember 2022, mendapatkan antusiasme yang cukup besar dari masyarakat.

"Saya kira jumlah kereta dan rutenya bisa ditambah ke depannya karena minat masyarakat yang tinggi terhadap kereta ini," kata Budi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (29/1/2023).

Dia sempat menjajal Kereta Panoramic, yang merupakan rangkaian dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang ada di Indonesia. Selain Indonesia, sejumlah negara yang telah memiliki layanan Kereta Panoramic, di antaranya Amerika Serikat, Jepang, dan Swiss.

"Saat ini, kita sudah punya Kereta Panoramic seperti yang ada di luar negeri. Jadi, tidak usah jauh-jauh ke Swiss. Ini suatu inovasi yang baik dari PT KAI," ucap Budi.

Kereta Panoramic telah diuji coba pada 24 Desember 2022, yang dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta PP). Selain memiliki jendela yang lebih besar, kereta juga memiliki sejumlah fasilitas lainnya seperti kursi yang nyaman, toilet yang luas serta terdapat sensor otomatis, televisi, rak bagasi khusus, makanan, minuman, snack, dan selimut.

Berdasarkan keterangan PT KAI, Kereta Panoramic direncanakan akan dioperasikan kembali pada akhir pekan pada Februari 2023. Kereta itu akan dirangkaikan pada KA Penumpang Argo Parahyangan (Gambir-Bandung PP) dan Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng PP).

Untuk tarif Argo Parahyangan Panoramic, yaitu Rp 350 ribu dan Argo Wilis Panoramic Rp 1.120.000 per penumpang dengan kapasitas kereta sebanyak 38 tempat duduk. Sedangkan untuk tiket dapat dipesan di aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement