Jumat 27 Jan 2023 22:30 WIB

360 Hektare Sawah Terendam Banjir di Aceh Utara

Sebanyak 360 hektare sawah terendam banjir tersebar di empat kecamatan.

Petani memanen padi yang terendam banjir.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Petani memanen padi yang terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara mencatat seluas 360 hektare lahan persawahan di daerah itu terendam banjir yang terjadi beberapa hari terakhir. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi di Lhokseumawe, Jumat (27/1/2023), mengatakan, ratusan hektare sawah yang terendam banjir tersebut tersebar di empat kecamatan.

"Banjir yang merendam ratusan hektare sawah tersebut tidak terjadi dalam waktu lama, sehingga tidak ada padi yang mengalami gagal panen atau puso," kata Erwandi.

Baca Juga

Menurut dia, potensi kerusakan atau puso terjadi apabila genangan air merendam lebih dari tiga hari. Sebab, batang padi akan cenderung rusak dan membusuk.

"Rata-rata tanaman padi yang terendam banjir di Kabupaten Aceh Utara masih berusia 10 hingga 45 hari. Sekarang, banjir yang merendam areal persawahan tersebut sudah berangsur surut," katanya.

Adapun empat kecamatan yang tanaman padi terendam banjir yakni Kecamatan Kuta Makmur dengan luas 85 hektare, Kecamatan Lhoksukon mencapai 110 hektare, Kecamatan Cot Girek seluas 25 hektare, dan Kecamatan Dewantara mencapai 140 hektare.

"Hingga saat ini petugas masih mendata areal persawahan yang terendam banjir. Luas sawah terkena banjir kemungkinan akan bertambah, mengingat beberapa kecamatan belum terdata lengkap," katanya.

Erwandi mengatakan, pihaknya melalui penyuluh pertanian terus menyosialisasikan kepada petani di daerah rawan banjir untuk memperhitungkan waktu memulai musim tanam. Tujuannya agar saat masa panen tidak bersamaan dengan musim penghujan, sehingga kemungkinan dilanda banji bisa diantisipasi. Selain itu juga menyesuaikan pola tanam dengan teknologi budidaya hazton agar dapat terhindar puso saat musim penghujan.

"Kami juga sudah mengajukan permohonan ke pemerintah pusat untuk fasilitasi benih dan asuransi usaha tani padi sawah kepada para petani yang terdampak banjir di Kabupaten Aceh Utara," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement