Jumat 27 Jan 2023 22:01 WIB

Jaga Ketahanan Pangan, Awal 2023 Sukabumi Tambah Lumbung Pangan Masyarakat

Pemkab Sukabumi meresmikan enam lumbung pangan masyarakat untuk jaga pangan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menambah keberadaan lumbung pangan masyarakat (LPM). (ilustrasi).
Foto: kementan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menambah keberadaan lumbung pangan masyarakat (LPM). (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menambah keberadaan lumbung pangan masyarakat (LPM). Langkah tersebut dalam menjaga ketahanan pangan.

Terbaru, Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan enam lumbung pangan masyarakat dan sarana pendukungnya dari alokasi DAK fisik bidang pertanian tahun anggaran 2022 di Gapoktan Tunas Jaya, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kamis (26/1/2023) lalu. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti LPM.

Baca Juga

Enam LPM itu diterima enam gapoktan yakni Gapoktan Tunas Jaya Kecmatan Ciracap, Gapoktan Sinar Tani Kecamatan Jampang Tengah, dan Gapoktan Tunas Bangsa Kecamatan Pabuaran. Berikutnya Gapoktan Margamulya Kecamatan Sagaranten, Gapoktan Rukun Warga Kecamatan Kalibunder, dan Gapoktan Mitra Mandiri Kecamatan Jampangkulon.

''Apresiasi kepada semua pihak, sehingga pembangunan LPM ini selesai dibangun dengan sebagaimana mestinya,'' kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Jumat (27/1/2023). Di mana semua berkomitmen untuk menjalankan tugasnya masing-masing dengan sebaik mungkin dalam sebuah sinergi dan kolaborasi yang baik demi terwujudnya ketahanan pangan di Sukabumi.

Pembangunan infrastruktur LPM ini terang Marwanz sebagai realisasi atas amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. Terutama pada Pasal 33 ayat 1 yakni masyarakat mampunyai hak, dan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan cadangan pangan masyarakat.

Di mana kata Marwan, pemerintah pusat, dan daerah, memfasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat sesuai kearifan lokal. Ke depan, keberadaan lumbung pangan ini harus dikelola secara profesional dan harus diperihara dengan sebaik mungkin sehingga fungsinya dapat dimaksimalkan.

Khususnya lanjut Marwan, guna mendorong terjadinya peningkatan kesejahteraan di kalangan para petani dan masyarakat sekitarnya. Selain itu mampu menjadi unit usaha yang lebih maju.

''Selamat kepada petugajawas yang memfungsikan lumbung ini berikut sarana pendukungnya sesuai dengan yang seharusnya,'' kata Marwan. Namun demikian, petugas dan masyarakat pun diharapkan bisa bersama-sama menjaga keberadaannya agar tetap mampu memberikan manfaat secara optimal.

Sebelumnya pada 2022 lalu juga dibangun enam LPM di sejumlah kecamatan Kabupaten Sukabumi. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Hari Riyadi menambahkan, lumbung pangan masyarakat yang terbangun pada 2022 juga ada enam wilayah. Hal itu seperti di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Jampangkulon, Kalibunder, Sagaranten, Pabuaran, dan Jampangtengah.

"Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat," kata Hari. Maka dari itu, lumbung pangan tersebut akan terus dipantau agar benar-benar terlihat peningkatan kuantitas dan kualitas persediaan pangan di masyarakat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement