Rabu 25 Jan 2023 14:29 WIB

Rakornas IKADI Hasilkan Deklarasi Lombok

Ada enam pokok dalam Deklarasi Lombok yang dihasilkan Rakornas IKADI.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Ikatan Dai Indonesia (IKADI) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 20 - 22 Januari 2023 menghasilkan Deklarasi Lombok.
Foto: Dok Republika
Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Ikatan Dai Indonesia (IKADI) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 20 - 22 Januari 2023 menghasilkan Deklarasi Lombok.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Ikatan Dai Indonesia (IKADI) yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 20 - 22 Januari 2023 menghasilkan Deklarasi Lombok. Deklarasi ini memuat sejumlah hal dalam rangka menguatkan dakwah Islam rahmatan lil 'Alamin untuk sinergi umat dan bangsa.  

Ada enam pokok dalam Deklarasi Lombok. Di antaranya pertama, IKADI menegaskan siap memaksimalkan dakwah wasathiyah yang sesuai dengan nilai Islam Rahmatan Lil 'Alamin diseluruh wilayah Indonesia. Kedua, dai IKADI di seluruh Indonesia siap berkontribusi dan berkolaborasi dengan seluruh ormas Islam dan elemen bangsa, dalam mewujudkan kepemimpinan Nasional yang adil, amanah dan mampu membawa Indonesia menjadi lebih baik. Ketiga, dai IKADI komitmen memberikan penyadaran pada umat dalam menghadapi tahun politik dan proses demokrasi dengan tetap menjaga ukhuwah, persatuan dan keutuhan bangsa.

Baca Juga

"Keemat,Ikadi siap memaksimalkan Digitalisasi Dakwah dalam menghadapi Industri 5.0 dan era disrupsi, khususnya pada Generasi Millenial," begitu seperti rilis yang diterima Republika.co.id pada Rabu (25/1/2023).

Kelima, IKADI mendukung resolusi PBB yang menjadikan tanggal 15 maret sebagai hari internasional memerangi Islamophobia dan mendorong  pemerintah untuk menindaklanjuti dengan membuat regulasi. Keenam,Ikadi siap melakukan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk mendekatkan diri pada Allah dan memaksimal doa dan munajat demi kebaikan dan keselamatan bangsa.

Rakornas IKADI di Lombok diikuti oleh 320 orang peserta secara offline dan 700 orang peserta secara virtual yang terdiri dari perwakilan Pengurus Pusat (PP), Pengurus Wilayah (PW) dan Pengurus Daerah (PD) seluruh Indonesia dan undangan lainnya. Rakornas IKADI mengusung tema Menguatkan Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin untuk Sinergi Umat dan Bangsa Menuju Indonesia Maju dengan tagline Rise Together, Grow Stronger With IKADI.

Pada Rakornas IKADI 2023 ini, juga dilaksanakan Penyerahan Anugerah Grand IKADI AWARD 2022 , dan pegumuman pemenang Lomba Dakwah Digital Nasional IKADI 2022.

Sejumlah pejabat penting ikut memberikan arahan kepada para peserta. Di antaranya Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, DR. Hidayat Nur Wahid, M.A, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan lain-lain.

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada IKADI agar dapat merumuskan strategi dakwah Islam Rahmatan Lil'alamin yang berlandaskan Alquran dan Al Hadis, di tengah disrupsi akibat perkembangan teknologi digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement