Selasa 24 Jan 2023 16:27 WIB

Heru Budi Pastikan Sodetan Ciliwung-KBT Beroperasi April

Heru pastikan masalah pembebasan lahan sudah selesai.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Teguh Firmansyah
Aktivitas pekerja proyek sodetan Kali Ciliwung di Otista III, Jakarta Timur, Senin (12/10).  (Republika/Yasin Habibi)
Aktivitas pekerja proyek sodetan Kali Ciliwung di Otista III, Jakarta Timur, Senin (12/10). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan, pembangunan Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) di Jakarta Timur, sudah hampir rampung. Menurutnya, pada akhir April sodetan itu sudah bisa digunakan untuk mengurangi risiko banjir di Jakarta. 

“Penyambungan pipa sudah selesai, tinggal menyambung sekian sentimeter. Artinya, sodetan di terowongan sudah berfungsi,” kata Heru usai mendampingi Jokowi meninjau proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur di Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga

Menurutnya, hal yang tersisa untuk dikerjakan adalah perapian untuk sheet pile pelebaran kali hingga April. Proyek ini, diketahui sempat mangkrak selama enam tahun karena beberapa kendala kelanjutan.

“(Pembebasan lahan) salah satu kendalanya. Namun, masalah pembebasan lahan sudah disosialisasikan oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur,” kata Heru. 

Di lokasi yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, untuk mengendalikan banjir di DKI Jakarta. Jokowi mengatakan, penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu hingga hilir.

Di hulu, pemerintah telah membangun Bendungan Ciawi, Bendungan Sukamahi, dan lain-lain. Sedangkan di Jakarta, pengendalian banjir dilakukan dengan membangun sodetan Kali Ciliwung yang sebelumnya sudah berhenti selama enam tahun.

"Di bawah udah sampai Jakarta masih ada masalah sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah sudah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun," ujar Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement