Selasa 24 Jan 2023 15:35 WIB

Jokowi Memuji Heru, Menyindir Anies Baswedan

Di era Anies, proyek sodetan Kali Ciliwung dinilai tak kunjung tuntas.

Rep: Dessy Suciati Saputri/Zainur/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan proyek sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyindir secara khusus proyek sodetan itu yang terhenti selama enam tahun. 

Padahal proyek ini dinilai penting untuk pengendalian banjir Jakarta. Presiden Joko Widodo tidak menyebut secara langsung nama mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  Namun di era Anies, sodetan ini belum berhasil diselesaikan. 

Baca Juga

"Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah sekarang juga sebentar lagi akan selesai mungkin April insya Allah udah selesai sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," kata Jokowi usai meninjau proyek pembangunan sodetan Kali Ciliwung, Jakarta Timur, Selasa (24/1/2023).

Proyek Sodetan Kali Ciliwung sudah diinisiasi sejak 2013. Saat itu Joko Widodo masih menjabat gubernur DKI. Namun sayang dalam perjalannya proyek mandek. Di era Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), warga di Bidara Cina, Jakarta Timur, yang dilintasi proyek itu mengajukan gugatan ke PTUN. Warga berhasil menang. 

 

Ahok mengajukan kasasi. Namun di era Anies, pemprov memutuskan untuk mencabutnya. Anies membentuk tim persiapan pengadaan tanah untuk sodetan Kali Ciliwung pada 2019. Tapi proyek sodetan belum selesai hingga Anies mengakhiri masa jabatan. 

Presiden Jokowi pun memuji Pj Gubernur Heru yang bisa menyelesaikan masalah pengadaan lahan ini dalam waktu cepat. Dalam waktu satu setengah bulan, persoalan pembebasan lahan selesai. 

"(Kendala) pembebasan. Tadi saya sampaikan. Dikerjakan oleh pak Gubernur Heru, saya gak tau pendekatannya apa tapi selesai. Makanya saya ke sini tadi karena sudah selesai," kata Jokowi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement