Selasa 17 Jan 2023 17:19 WIB

Restu Jokowi untuk Erick dan Nama-Nama yang Ikut 'Nyangkut' di Daftar Calon Pengurus PSSI

Ada nama-nama calon pengurus yang ketika dikonfirmasi merasa tidak mendaftarkan diri.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berfoto bersama pendukungnya usai menyerahkan berkas pendaftaran calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di Kantor PSSI, GBK Arena, Senayan, Jakarta, Ahad (15/1/2023). Erick Thohir masuk menjadi salah satu kandidat calon Ketua Umum PSSI yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.
Foto:

Kasus seperti Iwan Budianto juga terjadi di deretan nama-nama yang masuk bursa calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Ketua KP PSSI Amir Burhanudin kemarin mengumumkan sebanyak 78 nama telah mendaftar menjadi bakal calon Exco PSSI.

Dari total 78 nama yang mendaftar, terdapat nama-nama lama yang sudah familiar di tubuh PSSI. Bahkan, dari kepengurusan saat ini alias anggota Exco PSSI yang masih menjabat, hanya dua nama yakni Yoyok Sukawi dan Haruna Soemitro yang tidak mendaftar. Sementara yang lain, kembali mendaftarkan diri sebagai anggota Exco untuk dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang. 

Namun, beberapa nama yang dikonfirmasi Republika, membantah bahwa mereka telah mendaftarkan diri menjadi calon anggota Exco PSSI. Di antara mereka yang membantah adalah mantan penyerang tim nasional Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Kurniawan mengaku terkejut namanya masuk ke dalam jajaran 100 orang bakal calon Exco PSSI. "Saya tak tau menau tentang Exco PSSI periode 2023-2027. Tiba-tiba nama saya masuk padahal saya tidak mendaftarkan diri," kata Kurniawan kepada Republika saat dihubungi, Selasa (17/1/2023).

Kurniawan, yang pernah mencicipi sepak bola Italia bersama Primavera Sampdoria memprediksi namanya 'nyangkut' dalam pemilihan mungkin karena para voters.

"Kemungkinan ada yang mengusulkan atau memilih. Ya, tapi saya tak mau berandai-andai. Terakhir saya nyalon pada 2016 tapi tidak dapat suara," kelakar pria berusia 46 tahun.

Singkat kata, eks pelatih Sabah FA hanya berharap dan terus berdoa agar dengan terpilihnya anggota pun ketua serta wakil federasi terbaru dapat memikul tanggung jawab yang besar.

"Kecintaan saya dengan sepak bola tak pernah padam. Terlepas dari bursa pencalonan, masuk atau tidak saya tetap mendoakan yang terbaik untuk sepak bola Tanah Air. Mari kita sama-sama membangun olahraga ini agar menjadi lebih baik lagi."

Situasi tak jauh berbeda juga dialami oleh Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi yang namanya masuk ke dalam sembilan Srikandi bakal calon anggota PSSI periode terbaru. Nirmala mengaku terkejut namanya masuk ke dalam jajaran kontestan bakal calon anggota Exco PSSI untuk periode 2023 hingga 2027 mendatang.

"Saya ucapkan terima kasih untuk voters yang mengusung nama saya maju dalam pencalonan Exco PSSI. Jujur saya tidak tau jika nama saya diusulkan menjadi calon. Tiba-tiba muncul," tulis Nirmala Dewi menjelaskan pada akun resmi Instagram pribadi dikutip Republika, Selasa (17/1/2023).

Dalam daftar calon anggota Exco PSSI juga ada nama CEO Kalteng Putra FC, Agustiar Sabran. Saat dikonfirmasi, Agustiar mengaku terkejut.

Pasalnya, dia tidak pernah mendaftarkan diri dan berkeinginan untuk menjabat sebagai Exco PSSI. Terkait hal itu, Agustiar berterima kasih pada pihak yang telah mempecayainya. Namun, Agustiar menegaskan tidak mau mengemban tugas tersebut.

"Yang jelas, kami tidak mendaftar, kemungkinan itu diajukan oleh orang. Tapi, saya saat ini sudah banyak jabatan dan tanggung jawab," kata Agustuiar dalam keterangannya, Selasa (17/1/2023).

 

photo
PSSI mencari nahkoda baru terbaik. - (Dok. Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement