Kamis 12 Jan 2023 15:31 WIB

Jokowi Tokoh Terpegah, Pengamat: Punya Pengaruh Kuat

Indonesia Indicator nobatkan Jokowi sebagai tokoh terpegah.

Presiden Jokowi. Ilustrasi
Foto: Dokumentasi Sekretariat Negara RI
Presiden Jokowi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dinobatkan sebagai tokoh Terpegah (Top Person) dan Tervokal (Influencer) di media daring (online) selama tahun 2022 dari hasil riset bertajuk “Indonesia Recap 2022” oleh perusahaan intelijen media Indonesia Indicator.

Menurut data Indonesia Indicator, sepanjang 1 Januari-20 Desember 2022, sebagai Tokoh Terpegah, nama Jokowi muncul dalam 832.234 berita dari 20.194.242 berita yang dimuat 8.244 media online di Tanah Air. Sementara itu, sebagai Tokoh Tervokal 2022, pernyataan Jokowi yang dikutip media mencapai 1.006.945 kutipan.

Baca Juga

Pengamat politik AB Solissa mengatakan, penobatan Jokowi sebagai tokoh terpegah dan tervokal hal yang wajar karena ia memiliki pengaruh yang luar biasa, baik nasional maupun internasional.

Diketahui, pada tahun 2022, Jokowi menjadi tokoh berpengaruh dan jadi perbincangan media. Utamanya, soal kepemimpinannya di presidensi G-20 serta upaya menjalankan misi perdamaian Rusia dan Ukraina, hingga melawan gugatan Uni Eropa di WTO

Menurut Solissa, selama delapan tahun menjabat, Presiden Jokowi sudah banyak mengukir prestasi tingkat nasional hingga internasional. "Sebut saja pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia, penanganan pandemi Covid-19 yang berhasil hingga sukses menggelar KTT G-20 akhir tahun 2022 kemarin," kata Solissa kepada wartawan, Kamis (12/1/2022).

Di samping itu, lanjut Sollisa, ada peristiwa lain yang juga bisa dilihat dari perspektif positif soal penobatan itu. Ia mencontohkan dengan keberhasilan pemerintah dalam menghadirkan pembangunan infrastruktur yang menuai banyak pujian di masyarakat, pengendalian Covid-19 selama masa pandemi.

Dikatakan direktur Executive Partner Politik Indonesia itu, Presiden Jokowi dan jajarannya juga berhasil dalam bidang ekonomi. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi kuartal III-2022 sebesar 5,72 persen dan peningkatan itu melampaui pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 sebesar 5,01 persen dan kuartal II-2022 sebesar 5,44 persen.

“Indikator-indikator ini membuat Presiden Jokowi dinilai berhasil dalam kepemimpinannya. Jadi wajar saja beliau dinobatkan sebagai tokoh terpegah dan tervokal,” ujarnya.

Untuk prestasi internasional, kata Solissa, Presiden Jokowi berhasil menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah G-20 dan itu menjadi catatan manis sang mantan gubernur DKI Jakarta.

“Keberhasilan Pemerintah Indonesia menjadi tuan rumah presidensi G-20 di Bali yang sukses menghadirkan 20 pemimpin negara dengan ekonomi terbesar di dunia, sehingga mendapat aplaus yang besar bukan hanya media Indonesia, melainkan media-media asing juga ramai memberitakan soal itu,” ucapnya.

Presiden Jokowi juga menjadi pemimpin negara Asia pertama yang bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dalam misi perdamaian pascainvasi Rusia ke Ukraina.

“Jokowi begitu serius membawa isu perdamaian dunia diberbagai forum dunia, baik di KTT G-7, KTT G-2, KTT ASEAN-Uni Eropa setelah bertemu dengan Presiden Putin dan Zelenskyy, dan itu menjadikan Indonesia Indicator nobatkan Jokowi sebagai tokoh terpegah dan tervokal,” ungkapnya.

Solissa juga menyoroti dinamika politik di Indonesia yang menjadikan Presiden Jokowi sebagai sentral pemberitaan di media massa maupun media mainstream. “Apalagi di tahun 2022 banyak sekali peristiwa besar terjadi, seperti kebijakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan yang masih meninggalkan polemik di masyarakat, soal undang-undang cipta kerja, soal isu perpanjangan masa jabatan presiden, jabatan presiden tiga periode, dan masih banyak lagi isu-isu nasional yang berkaitan dengan posisi Jokowi sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan,” pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement