Sabtu 07 Jan 2023 18:00 WIB

Indonesia Indicator: Jokowi Tokoh Sentral Pemberitaan 2022 

Banyak momentum di 2022 yang memberitakan Jokowi.

Presiden Joko Widodo (kiri) berdialog dengan para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/1/2023). Presiden Jokowi ingin memastikan aktivitas perekonomian pada sektor rill berjalan baik dan optimisme para pedagang pada tahun 2023 bangkit kembali pasca pencabutan kebijakan PPKM bulan Desember lalu.
Foto: ANTARA /Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (kiri) berdialog dengan para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/1/2023). Presiden Jokowi ingin memastikan aktivitas perekonomian pada sektor rill berjalan baik dan optimisme para pedagang pada tahun 2023 bangkit kembali pasca pencabutan kebijakan PPKM bulan Desember lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan Intelijen Media, menobatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai figur Terpegah (Top Person) dan Tervokal (Influencer) 2022 di Media Online.  Direktur Komunikasi I2, Rustika Herlambang mengatakan,  banyak momentum besar sepanjang 2022 yang membuat nama Jokowi terus menjadi sentral berbagai pemberitaan.

Tidak hanya sekadar peran sebagai kepala negara dan kepala Pemerintahan Indonesia, keberhasilan dalam mengukir prestasi dalam berbagai agenda internasional, namun Jokowi juga seringkali dimintai respons atas segala hal yang tengah menjadi pembicaraan masyarakat.

Baca Juga

 “Sepanjang 1 Januari-20 Desember 2022, sebagai Tokoh Terpegah nama Jokowi muncul dalam 832.234 berita dari 20.194.242 berita yang dimuat 8.244 media online di Tanah Air. Sedangkan, sebagai Tokoh Tervokal 2022 pernyataannya Jokowi yang dikutip media mencapai 1.006.945,” ujar Rustika kepada media saat memaparkan hasil riset bertajuk “Indonesia Recap 2022”, Sabtu (07/01/2023). 

Indonesia Recap 2022 merilis berbagai nama, baik tokoh-tokoh publik, seperti menteri, tokoh perempuan, artis/selebritas, atlet olahraga, serta politisi muda yang paling banyak mendapatkan perhatian media online.

 

Menurut Rustika, figur terpegah adalah yang paling banyak disebut dalam pemberitaan oleh media. Figur terpegah tidak selalu memberikan pernyataan di media. Posisinya lebih sebagai objek yang diberitakan/disebut. Sedangkan figur tervokal adalah paling banyak dikutip pernyataannya oleh media sehingga berpotensi membentuk opini publik. Pernyataan tersebut bisa berasal dari keterangan, klarifikasi, keterangan ilmiah, informasi kebijakan dan lain sebagainya.

Tahun 2022, kata Rustika, merupakan tahun yang gemilang bagi Presiden Jokowi. Di level internasional, Presiden Jokowi berhasil menjalankan Presidensi G20 Indonesia 2022, yang ditandai dengan capaian hasil konkret untuk sejumlah proyek dan isu strategis, seperti transisi energi. Isu lainnya yang mendapat atensi diantaranya penyelenggaraan Moto GP di Mandalika berlangsung sukses dan menarik perhatian media internasional karena pawang hujan yang fenomenal, peresmian berbagai proyek infrastruktur, hadir di berbagai masalah nasional seperti ketersediaan pangan, masalah pupuk, minyak goreng, gempa, dan pesta pernikahan putra bungsunya, Kaesang.

Posisi Presiden Jokowi sebagai Tokoh Tervokal karena berbagai pernyataannya selalu ditunggu oleh media. Dalam periode kedua kepemimpinannya, media terlihat mengawal berbagai kebijakan Presiden, seperti masalah pemindahan Ibukota yang memunculkan pro kontra, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), hingga permintaan Presiden agar RUU KUHP dibahas lebih massif dan melibatkan masyarakat. Pernyataan Presiden juga dianggap memiliki pengaruh saat memberikan respons atas berbagai persoalan nasional yang terjadi.

“Oleh karena itu, Presiden acapkali dimintai berbagai keterangan merespons berbagai isu nasional yang berkembang. Misalnya, penanganan gempa Cianjur, Pemilu 2024, hingga didesak untuk turut menyampaikan pendapat soal kasus pembunuhan Brigadir J ataupun Tragedi Kanjuruhan,” tutur Rustika.

Figur terpegah kedua yang namanya paling banyak muncul dalam pemberitaan media online sepanjang 2022 adalah Ferdy Sambo. Mantan kadiv Propam Polri itu disorot media karena kasus pembunuhan Brigadir J. Nama Ferdy Sambo tampil dalam 229.843 berita sepanjang 2022, atau rata-rata 1300 pemberitaan setiap harinya sejak kejadian tersebut terjadi pada awal Juli 2022. Hal ini, menurut Rustika, menggambarkan besarnya perhatian media kepada personal Ferdy Sambo yang menjadi tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Selama ini belum pernah terjadi sebuah peristiwa kriminalitas terus menerus ditulis media online secara terus menerus tanpa jeda hingga lebih dari 180 hari.

Sementara itu, nama-nama figur terpegah dari posisi, 3 hingga 10 diisi oleh nama-nama yang sedang digadang-gadang menjadi calon Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia. Berurutan nama figure terpegah berikutnya adalah Anies Baswedan (urutan 3), Ganjar Pranowo (urutan 5), Airlangga Hartarto (urutan 6), Ridwan Kamil (urutan 7), Erick Thohir (urutan 8), dan Prabowo sebagai figure terpegah ke-9. Sementara itu, Puan Maharani berada di posisi Terpegah kesepuluh, dan menjadi satu-satunya figur perempuan yang menduduki posisi 10 besar.

‘Selain karena, isu kontestasi pilpres menjadi salah satu pemicu tingginya pemberitaan mengenai mereka. Dalam riset kami, pemilu 2024 merupakan isu atau terbesar media sepanjang 2022,” Rustika menambahkan. Berbagai survei elektabilitas yang diselenggarakan banyak lembaga survei semakin memperbesar peliputan atas nama-nama tersebut.

Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertengger di posisi ketiga Tokoh Terpegah 2022 dengan 181.349 berita. Di tahun terakhir periode pertama kepemimpinannya di DKI Jakarta, Anies banyak diliput media karena berbagai kebijakan dan terobosan yang dilakukannya, termasuk beberapa yang menuai kontroversi. Diantaranya pembangunan stadion sepak bola Jakarta Internasional Stadium (JIS), penyelenggaraan Formula E, pembangunan jalur sepeda, pembuatan sumur resapan, dan Rumah DP Rp 0. Namun demikian, tingginya penyebutan nama Anies di media juga dipicu oleh posisinya sebagai calon presiden dari partai Nasdem, safari ke berbagai daerah, berikut polemic politik yang menyertainya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi kelima Tokoh Terpegah 2022 dengan 136.696 berita. Menurut Rustika, sebanyak 46% pemberitaan mengenai Ganjar Pranowo, berisi tentang dinamika kontestasi politik terkait pencalonan sebagai capres berikut hasil temuan Lembaga survei yang senantiasa menempatkannya di posisi 3 besar. Sementara sisanya berisi cerita ringan aktivitas bersepeda sembari mengecek situasi di wilayahnya, serta berbagai aktivitas dan kebijakan Ganjar, di antaranya sekolah gratis untuk orang kurang mampu, persiapan mudik, kongres sampah, tiket masuk Candi Borobudur, operasi pasar, masalah UMKM, hingga harapannya agar pemerintah mengkaji ulang soal impor beras.

Tidak jauh dengan pola pemberitaan pada urutan tokoh terpegah berikutnya. Tingginya pemberitaan merupakan akumulasi dari berbagai pemberitaan mengenai berbagai kebijakan,  dinamika politik terkait kontestasi pemilu 2024, maupun persoalan yang bersifat pribadi atau keluarga.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dengan 128.930 berita, menduduki posisi keenam. Tingginya pemberitaan mengenai Airlangga juga menunjukkan atensi terkait pada isu pemulihan ekonomi nasional. Kekhawatiran pada krisis global pasca pandemic menjadi salah satu pendorong media untuk terus mengawal kebijakan di bawah koordinasi Airlangga.  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam posisi ketujuh Tokoh Terpegah 2022 dengan 111.259 berita. Selain karena berbagai aktivitasnya sebagai gubernur, musibah hilangnya putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, yang tenggelam di sungai Aare, Swiss pada akhir Mei lalu menjadi salah satu pusat perhatian media, baik di Indonesia maupun di Swiss. Proses pencarian selama dua minggu tersebut mendorong tingginya pemberitaan Ridwan Kamil.

 Posisi kedelapan Tokoh Terpegah 2022 diduduki oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan 109.255 berita. Restruksturisasi BUMN, Penguatan BUMN untuk pengembangan perekonomian nasional, khususnya UMKM, penjajakan Kerjasama strategis Indonesia Amerika dalam bidang energi, investasi, dan kesehatan menjadi beberapa hal yang disorot media. Namun media juga banyak mengutip terkait peran Erick dalam kesuksesan penyelenggaraan MOTOGP Mandalika, presidensi G20, dan termasuk sering disebut-sebut dalam pernikahan Kaesang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement