Jumat 06 Jan 2023 13:05 WIB

Pengamat: Wajar Ganjar-Erick Jadi Favorit Hasil Jaring Aspirasi Balad Jokowi

Nama Ganjar-Erick sebagai cerminan aspirasi masyarakat generasi muda.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri car free day di Kota Solo, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnersip [DEEP] Indonesia, Neni Nur Hayati menilai wajar jika nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir jadi pilihan favorit masyarakat Priangan Timur. Menurutnya, preferensi pemilih muda di Priangan Timur cukup tinggi.

Nama Ganjar-Erick muncul sebagai bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Priangan Timur hasil jaring aspirasi Relawan Balad Jokowi. Nama kedua tokoh menjadi top of mind pasangan capres-cawapres di Kabupaten Ciamis, Gaurt, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya pada jaring aspirasi November-Desember 2022 lalu.

Baca Juga

Menurut Neni nama Ganjar-Erick sebagai cerminan aspirasi masyarakat yang mayoritas berasal dari generasi muda. Ia mengatakan, wilayah Priangan Timur memiliki preferensi pemilih muda hingga 60 persen dari jumlah total daftar pemilih tetap (DPT).

“Sehingga wajar banyak yang menjatuhkan pilihannya ke Ganjar dan Erick. Bagi mereka ini menjadi pasangan ideal capres cawapres yang akan memiliki keberpihakan pada anak muda,” ujar Neni, dalam keterangan, Jumat (6/1/2023).

Neni menambahkan, nama Ganjar juga menjadi representasi paling lekat dengan sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok yang merakyat. Sementara, Erick menjadi salah satu menteri andalan Jokowi di kabinet.

“Ada pengaruh kuat di kalangan publik, bahwa Jokowi sebagai sosok pemimpin sederhana dan merakyat yang karakter kepemimpinan tersebut ada di sosok Ganjar. Sementara Erick, selama menjadi menteri BUMN dengan program yang menyentuh basis anak muda dengan pemanfaatan platform digital,” kata Neni.

Neni menuturkan, selama menjadi menteri, Erick banyak mengedepankan kepentingan kalangan muda. Hal ini ditunjukkan dengan kepercayaan yang diberikan kepada anak-anak muda di posisi-posisi penting di Kementerian dan perusahaan BUMN.

Sementara, Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan jaring aspirasi Relawan Balad Jokowi merupakan cermin potret harapan masyarakat Priangan Timur. Pasangan Ganjar-Erick menjadi pasangan yang paling banyak diharapkan muncul dalam ajang pilpres mendatang.

"Saya kira bisa menjadi salah satu sinyal dari masyarakat Priangan Timur, bahwa pasangan Ganjar-Erik memang diharapkan menjadi pasangan yang melaju di pilpres mendatang," ujarnya.

Menurut Arif pola penjaringan yang dilakukan Relawan Balad Jokowi melibatkan partisipasi semua kader bisa digunakan partai politik dalam menentukan capres dan cawapres.

Sebelumnya, Relawan Balad Jokowi melakukan jaring aspirasi terhadap 30 ribu responden di Priangan Timur selama November-Desember 2022. Hasilnya persentase terbesar sebagai capres diraih Ganjar Pranowo dengan persentase sebesar 47,2 persen, mengungguli Anies Baswedan 32,8 persen, lalu Prabowo Subianto sebesar 20 persen.

Sementara, Erick Thohir difavoritkan warga Priangan Timur sebagai cawapres dengan persentase sebesar 43 persen. Angka itu mengungguli nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang meraih hasil 40 persen, dan Sandiaga Uno dengan 17 persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement