Ahad 01 Jan 2023 23:04 WIB

Penyeberangan Pelabuhan Bakauheni–Merak Normal Kembali, Ini Imbauan Polisi

Kondisi cuaca di Pelabuhan Bakauheni–Merak sempat tidak normal

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah
Kendaraan pemudik memasuki KMP Reina di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung (ilustrasi). Kondisi cuaca di Pelabuhan Bakauheni–Merak sempat tidak normal
Foto: ANTARA/Ardiansyah
Kendaraan pemudik memasuki KMP Reina di dermaga 3 Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung (ilustrasi). Kondisi cuaca di Pelabuhan Bakauheni–Merak sempat tidak normal

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Setelah sempat ditunda lagi penyeberangan kapal ferry, Sabtu (31/12/2022), aktivitas penyeberangan Pelabuhan Bakauheni (Lampung)–Merak (Banten) normal kembali pada Ahad (1/1/2023). Kondisi cuaca mulai kembali normal di perairan Selat Sunda.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, untuk aktivitas pelayanan penyeberangan Pelabuhan Bakauheni-Merak kapal-kapal sudah kembali melakukan pengangkutan orang dan kendaraan. 

Baca Juga

“Karena situasi ombak tidak tinggi dan normal sebab cuaca cukup baik,” kata Pandra mewakili Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Ahad (1/1/2023).

Pandra mengatakan, sebelumnya pada Sabtu (31/12/2022), aktivitas penyeberangan Pelabuhan Bakauheni sempat dihentikan karena cuaca yang tidak aman, karena ombak tinggi. 

Sedangkan situasi di Dermaga III reguler Pelabuhan Bakauehni tidak terjadi penumpukan kendaraan hanya 10 persen, juga demikian kendaraan di dermaga eksekutif hanya 20 persen.

Dia meminta masyarakat yang akan melakukan perjalanan lewat Pelabuhan Bakauheni selalu meng-//update// informasi dari kordinator BMKG Lampung Kukuh untuk mengetahui perkembangan cuaca. “Sebab saat ini cuaca selalu berubah-ubah,” ujarnya.

Data tersebut, kata Pandra, didapat dari Pos Terpadu Bakauheni melalui Kepala Kepolisian Satuan Kawasan Pelabuhan Bakauheni AKP Ridho, serta stakeholder terkait untuk selalu mengantisipasi kepadatan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Polda Lampung terus melakukan kordinasi dengan General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Bakauheni Suharto dan Kepala BPTD Wil VI Bengkulu Lampung Bahar Latief, untuk meminta perkembangan situasi arus mudik liburan Nataru. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat mengetahui

informasi perkembangan di Pelabuhan Bakauheni.

Apabila masyarakat yang melakukan perjalanan libur Nataru dan membutuhkan bantuan dan informasi dari polri dapat melalui Aplikasi Super App dan Call Center Polri 110 serta kantor polisi terdekat.

Mengenai malam pergantian tahun 2022 ke 2023, Kapolda Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus menyatakan, situasi dan kondisi kamtibmas di wilayah Lampung dalam kondisi aman dan kondusif. Kapolda bersama jajaran pimpinan Forkopimda Lampung melakukan monitor terkait kamtibmas.

Pada pengamanan libur Nataru ini, Polda Lampung menurunkan personel gabungan TNI/Polri, dan pihak terkait sebanyak 4.691 personel. Kegiatan ini tergabung dalam Operasi Lilin Krakatau 2022 yang bertujuan untuk pengamanan pergantian tahun baru 2023.

Kapolda mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pengamanan malam pergantian tahun sehingga berlangsung aman dan kondusit. Diantaranya kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pemuda, dan pemerintah juga swasta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement