Ahad 01 Jan 2023 15:53 WIB

Jumlah Penumpang di Bandara Lombok Mencapai 1,9 Juta di 2022

Penumpang perdana yang mendarat Ahad (1/1/2023) disambut dengan pengalungan tenun.

Sejumlah penumpang antre untuk melakukan proses check-in di Bandara Internasional Lombok, Praya, Lombok Tengah, NTB. ilustrasi
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Sejumlah penumpang antre untuk melakukan proses check-in di Bandara Internasional Lombok, Praya, Lombok Tengah, NTB. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PRAYA -- PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, mencatat Bandara Lombok melayani sebanyak 1.979.767 penumpang sepanjang 2022, meningkat jika dibandingkan dengan penumpang di 2021 yang berjumlah 1.079.196 orang.

"Penumpang di Bandara Lombok mengalami peningkatan sebesar 83,4 persen," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan dalam keterangan tertulisnya di Praya, Ahad (1/1/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata Provinsi NTB menyambut kedatangan penumpang perdana yang mendarat di Bandara Lombok, Ahad (1/1/2023) pagi, dengan pengalungan selendang tenun khas Lombok dan pemberian suvenir kepada para penumpang.

"Penyambutan penumpang perdana ini merupakan tradisi sebagai bentuk ucapan selamat datang di Lombok sekaligus apresiasi kami kepada para pengguna jasa bandara dan awak pesawat. Kami berharap di 2023 ini kondisi dunia aviasi dan industri pariwisata bisa pulih dan bangkit kembali," katanya.

Kegiatan penyambutan penumpang pertama ini dilakukan di area kedatangan Bandara Lombok. Selain penyambutan penumpang, di lobiterminal Bandara Lombok juga digelar live musicuntuk menghibur para penumpang yang akan berangkat maupun baru tiba di Bandara Lombok.

Sebelumnya, manajemen Bandara Lombok juga mengadakan kegiatan pelepasan penumpang terakhir yang berangkat dari Bandara Lombok, Sabtu (31/12/2022) sore. Penumpang pesawat Wings Air nomor penerbangan IW1864 tujuan Bima menjadi penumpang terakhir yang berangkat dari Bandara Lombok pada 2022. Pesawat jenis ATR 72-500 dengan kode registrasi PK-WFO lepas landas dari Bandara Lombok tepat pada pukul 16.41 WITA.

Pelepasan penumpang terakhir tahun 2022 ini diawali dengan penampilan Tari Gandrung di lobby terminal, dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dan suvenir kepada kru pesawat serta perwakilan penumpang di area gate 3 keberangkatan Bandara Lombok.

Lenny, salah satu penumpang Lion Air JT646, mengaku terkejut mendapat sambutan saat tiba di Bandara Lombok. "Keren banget. Kaget aja pas keluar langsung disambut oleh manajemen Angkasa Pura I. Ternyata hari ini 1 Januari 2023 saya termasuk sebagai penumpang pertama yang tiba di Bandara Lombok," katanya.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement