Ahad 01 Jan 2023 13:46 WIB

Pemkot Malang Tambah Bus Macito untuk Wisatawan

Pemkot menambah Bus Macito untuk wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bilal Ramadhan
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengenalkan bus Malang City Tour (Macito). Pemkot menambah Bus Macito untuk wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengenalkan bus Malang City Tour (Macito). Pemkot menambah Bus Macito untuk wisatawan yang mengunjungi Kota Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menambah dua unit bus Malang City Tour (Macito). Hal ini bertujuan untuk bisa semakin memanjakan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. 

Selain dua unit tambahan yang dianggarkan oleh Pemkot Malang, Wali Kota Sutiaji mengungkapkan, dua medio Januari 2023 juga segera hadir dua unit lagi. Pengadaan ini hadir dari Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dengan demikian, total akan ada lima Macito pada 2023 nanti.

Baca Juga

"Nanti akan bisa stay di berbagai titik wisata. Bisa di MCC (Malang Creative Center), Kayutangan, (kampung) warna-warni, dan seterusnya," kata Sutiaji di Kota Malang.

Menurut Sutiaji, bus Macito yang baru memiliki desain umum yang sama dengan pendahulunya. Namun bus tersebut pada kali ini memiliki corak warna yang berbeda. Dengan demikian, masyarakat nantinya bisa menjajal pengalaman naik beragam Macito. 

Lebih menyenangkan lagi, Bus Macito yang baru telah dilengkapi tangga hidrolik. Hal ini diharapkan dapat memudahkan para penyandang disabilitas di Kota Malang. Sutiaji menyebut, ini merupakan bentuk nyata komitmen Pemkot Malang untuk mewujudkan kota yang semakin inklusif.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang, R. Wijaya Saleh Putra menambahkan, operasional Macito akan segera didukung dengan aplikasi untuk pendaftaran secara daring. Menurut dia, aplikasi ini telah disiapkan Dinas Kominfo Kota Malang. "Aplikasi Macito nantinya bisa diunggah di playstore," jelas dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement